Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Kupang dalam Mensosialisasikan Program Smart City

  • Yohanes K.N. Liliweri Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Henny L.L. Lada Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Pemerintah Kota Kupang, Program Smart City, Sosialisasi, Strategi Komunikasi

Abstract

Pelayanan publik tidak terlepas dari konsep good governance. Konsep ini dapat berjalan apabila pemerintah melibatkan stakeholder dalam kegiatan ekonomi dan sosial politik bagi kepentingan rakyat yang menganut asas: keadilan, pemerataan, persamaan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas. Untuk mewujudkan hal-hal tersebut dibutuhkan terobosan yang sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi, yaitu konsep Smart City.  Konsep ini yang kini diterapkan pemerintah Kota Kupang. Dalam pelaksanaanya, dibutuhkan strategi tepat untuk mensosialisasikan konsep Smart City. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan Pemerintah Kota Kupang dalam Mensosialisasikan Program Smart City serta mengetahui mengetahui  faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sosialisasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif.  Sumber data penelitian ini diambil dari data primer yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan dan data sekunder yang diperoleh dari buku, internet, dokumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif dari Miles Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber untuk mendapatkan validitas data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pemerintah Kota Kupang harus semakin giat untuk melakukan sosialisasi program smart city dengan memaksimalkan semua potensi sumber daya yang dimiliki. Selain itu infrastruktur pendukung Smart City juga harus ikut dikembangkan serta paradigma masyarakat Kota Kupang yang sebelumnya hanya pasif dalam pelaksanan dan pengawasan terhadap pembangunan dan pemerintahan di Kota Kupang kini menjadi lebih aktif.

Published
2021-07-17
How to Cite
Liliweri, Y., & Lada, H. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Kupang dalam Mensosialisasikan Program Smart City. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 178–190. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i2.4460
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.