PEMANFAATAN LIMBAH KANTONG PLASTIK BAGI WKRI RANTING NAIMATA

  • Evtaleny Rollan Mauboy Universitas Nusa Cendana
Keywords: limbah plastik,kerajinan,lingkungan, pencemaran

Abstract

Aktivitas produksi plastic dan penggunaannya terus meningkat diakibatkan materialnya yang sangat dikenal dalam kehidupan manusia baik dalam kemajuan teknologi produksinya maupun penggunaannya. Hal ini menyebabkan hampirsetiap produk menggunakan plastic sebagai kemasan atau bahan dasar. Tim pengusul bersama mitra melakukan justifikasi permasalahan yang harus diselesaikan adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan warga tentang lingkungan dan pemanfaatan limbah kantong plastic melalui para wanita dalam kelompok masyarakat yaitu WKRI (Wanita Katholik Republik Indonesia) di wilayah Naimata sehingga mereka bias menularkan pengetahuan yang didapat tersebut kepada warga lainnya.

Solusi yang ditawarkan dosen pengusul dan disambut dengan baik oleh mitraa dalah diadakannya pelatihan pemanfaatan limbah kantong plastik yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya dalam rumah tangga ataupun dapat dijadikan sumber usaha baru yang berdaya nilai jual tinggi.

Keahlian yang didapat dari pelatihan ini sebenarnya bias menghasilkan penghasilan tambahan mengingat produk-produk kerajinan berbahan kantong plastic bekas pakai masih dibutuhkan banyak orang yang sadar lingkungan sehat dan bersih, dapat mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
Mauboy, E. (2019). PEMANFAATAN LIMBAH KANTONG PLASTIK BAGI WKRI RANTING NAIMATA. Jurnal Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 12(2), 52 - 55. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jlppm/article/view/1873

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.