Author Guidlines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
TEMPLATE ARTIKEL
  1. Artikel yang disubmit memiliki 4000 sampai 6000 kata atau sekitar 6-10 halaman dengan spasi satu dan harus memiliki abstrak dengan maksimal 200 kata. Abstrak harus memuat penjelasan tentang signifikansi topik, teori dan eksperimen tentang topik yang dibahas, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian dan kesimpulan.
  2. Pada bagian abstrak, tuliskan secara eksplisit dengan huruf yang dicetak tebal: pendahuluan, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.
  3. Di bawah abstrak, tuliskan 3-6 kata kunci dan dilanjutkan dengan main body artikel dengan ukuran font 10.
  4. Jurnal ini menjalankan suatu proses peer review dan menerapkan blind review. Untuk memfasilitasi proses ini, nama penulis (tanpa gelar), afiliasi institusi, dan alamat email penulis korespondensi hanya akan ditampilkan pada sebuah lembar cover yang dapat dilepas.
  5. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, kecuali bagian abstrak harus memiliki 2 versi termasuk Bahasa Inggris, dengan spasi satu, menggunakan Microsoft Word, ukuran font 11,  Times New Roman, margin kanan dan kiri 3 cm, margin atas dan bawah 2.54 cm dengan ukuran kertas A4.
  6. Footnote ditampilkan pada bagian akhir teks, bukan di bagian bawah halaman bersangkutan. Nomor halaman ditampilkan di bagian kanan bawah.
  7. Tuliskan main body artikel dalam 2 kolom, dengan pengecualian untuk tabel dan gambar. Gunakan indentasi baris pertama 1 cm. Namun, tidak boleh gunakan indensi untuk paragraph pertama setelah judul utama dan paragraf pertama setelah setiap subheading.
  8. Untuk artikel-artikel berbasis penelitian, outline yang digunakan adalah: pendahuluan (tanpa heading dan subheading), metode, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.
  9. Judul maksimum 20 kata, ditulis dengan huruf capital, centered, dicetak tebal dengan ukuran font 16.
  10. Pendahuluan terdiri dari latar belakang penelitian, konteks penelitian, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian. Semua bagian pendahuluan harus ditampilkan dalam bentuk paragraf-paragraf, bukan poin-poin, dengan proporsi sekitar 15-20% dari panjang keseluruhan artikel.
  11. Metode terdiri dari penjelasan tentang desain penelitian, sumber data, pengumpulan data, dan analisis data, dengan proporsi sekitar 10-15% dari total panjang artikel, semua ditampilkan dalam bentuk paragraf-paragraf.
  12. Bagian hasil dan pembahasan memuat penjelasan hasil-hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan peneilitan dan arti hasil-hasil penelitian ini berdasarkan teori terbaru dan referensi-referensi dari bidang yang berkaitan. Proporsi bagian ini adalah 40-60% dari total panjang artikel.
  13. Bagian kesimpulan memuat ringkasan, pernyataan ulang terkait hasil-hasil utama dari penelitian.
  14. Ketika menampilkan tabel, gunakan garis horizontal saja. Tempatkan nomor dan judul tabel di atas tabel bersangkutan.
  15. Sitasi dilakukan dengan menggunakan kurung (nama terakhir dan tahun publikasi)[[1]. Jika sumber disitasi secara verbatim, nomor halaman harus dimuat (78)[2].
  16. Kutipan dan daftar pustaka mengikuti style IEEE (Institute of Electrical Engineers)[3] dan daftar pustaka harus dimuat pada bagian akhir artikel.
  17. Untuk melihat pedoman penulisan secara lengkap,  dipersihlakan untuk mendownload template di bawah ini.                        

                                


Template Artikel JME