Pengelolaan Lingkungan Kelas Sebagai Sarana Bermain Sambil Belajar Bagi Anak TK

  • Beatriks Novianti Bunga(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Maria L. B. Koten(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Angelikus Nama Koten(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: classroom management, playing, young children

Abstract

Competent teacher can improve their abilities in managing classroom according to their students’ needs. Classroom management in early childhood education and development (ECED) post really depends on the teacher. This article aims to understand classroom management as tools of playing and studying for children in kindergarten. This study used qualitative descriptibe approach and triangulation was used to ensure the data quality. Between for class observed, class B1 was identified as the most ideal. Good ventilation and lighting, neat placement of equipments and class tools, not blocking air circulation, according to area and not blocking children play zone, also neat class decoration and clean and comfort class describe this overall class management quality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro T. M., dkk. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Hapidin, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Hilali El. H. 2012. “Pentingnya Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran”. Edu-Bio. 03(0) 129-136. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018 (Pukul : 19.30 WITA).

Holis A. 2016. “Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 09 (01) 23-37. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018 (Pukul : 19.35 WITA).

Isjoni H. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Kadir F. 2014. “Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Al-Ta’dib . 07 (02) 16-36. Diakses pada
tanggal 28 Februari 2018 (Pukul : 19.40 WITA).

Khairani M. H. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Montolalu B. F. F, dkk. 2009. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Pangastusi R. dan Solichah I. 2017. “Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Anak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya”. GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 02(02) 35-50. Diakses pada tanggal 9 Juli 2018 (Pukul : 19.00 WITA).

Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permana J. H. 2001. Pengelolaan Kelas Dalam Rangka Proses Belajar Mengajar (Bahan Training Of Trainers (Tot) Nasional Pelatihan Supervisi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Tsanawiyah Basic Education Project(Bep)). Bandung. Diakses pada tanggal 26 Februari 2018 (Pukul : 20.30 WITA).

Priyanto A. 2014. “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain”. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 02 (18) 41-47. Diakses pada tanggal 3 Maret 2018 (Pukul : 19.35 WITA).

Purwanto Agus N. 2006. “Mengelola Kelas Untuk Keberhasilan Proses Belajar Mengajar”. Manajemen Pendidikan. 01(02) 92-97. Diakses pada tanggal 16 Juli 2018 (Pukul : 19.30 WITA)

Raco R. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Kompas Gramedia

Santoso S. 2006. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Suciati,dkk. 2006. Belajar Dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunhaji. 2014.“Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Kependidikan. 02 (02) 30-46. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018 (Pukul : 19.32 WITA).

SundariN. 2016. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin I Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal 4 Desember 2018 (Pukul : 19.00 WITA).

Suryana A. 2006. “Bahan Belajar Mandiri Manajemen Kelas Program Studi PGSD”. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 27 Februari 2018 (Pukul : 19.30 WITA).

Sutanti. 2016.“Gambaran Pengelolaan Kelas Oleh Guru Paud Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru ”. EDUCHILD. 05(02) 141-145. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018 (Pukul : 19.43 WITA).

Suyadi. 2014. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Thobroni M., dkk. 2011. Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain Dan Permainan. Jogjakarta: Katahati

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2008. “Manajemen Pendidikan”. Bandung: Alfabeta

Yusuf F, dkk. 2015. “Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Diakses pada tanggal 16 Juli 2018 (Pukul : 19.15 WITA).

PlumX Metrics

Published
2019-12-17
How to Cite
Bunga, B. N., Koten, M. L. B., & Koten, A. N. (2019). Pengelolaan Lingkungan Kelas Sebagai Sarana Bermain Sambil Belajar Bagi Anak TK. Journal of Health and Behavioral Science, 1(4), 262~274. https://doi.org/10.35508/jhbs.v1i4.2109
Section
Articles