Dukungan Sosial Guru dan Self Regulated Learning Siswa

  • Tadeus Tea(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dian Lestari Anakaka(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fredericksen Amseke(3)
    Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: teacher, social support, self regulated learning

Abstract

The purpose of this study was to find the level of relationship of teacher's social support with self regulated learning of SMP Abdi Kasih Bangsa Kupang students. 58 students of SMP Abdi Kasih Bangsa Kupang was participated. Self regulated learning scale and teacher social support scale was used to collect data. Pearson correlation product moment was used to see the correlation between the two variables. The results showed that the correlation coefficient (rxy) was 0.424 with a significance value (p) of 0.001 which means there is a relationship between teacher social support and self-regulated learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, I.2014. Hubungan Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi (Sma Negeri 1 Samarinda). Ejournal Psikologi. Fisip-Unmul. Vol 2 (2): 227-237.

Anderton, B2006. Menggunakan kursus online untuk mempromosikan diri-strategi pembelajaran diatur di perlayanan guru. Jurnal Online Learning Interaktir. Vol 5, (2): 156-177.

Anandari D. S. 2013. Hubungan Persepsi Siswa Atas Dukungan Sosial Guru Dengan Self-Efficacy Pelajaran Matematika Pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. JurnalFakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Vol. 2 (3): 210-217.

Azhar A. 2012.Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Regulated Learning padaSiswa SMA Yayasan Perguruan Bandung Tembung. Jurnal Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area, Indonesia. Vol. 2 (6) 103-113.

Azwar, S. 2010. Reabilitas dan validitas. Yogyakarta; Pustaka Belajar.

Baron R. A & Byrne D. 2005. psikologi sosial. Jakarta. Erlangga

Batlolona J. R & Leasa M. 2017.Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMKN 13 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip Unpatti, Ambon.Vol. 7 (1): 98-118.

Dinata P. A. C, Rizianta& Muhammad Z. 2016.Self Regulated Learning Sebagai Strategi MembangunKemandirian Peserta Didik Dalam MenjawabTantangan Abad 21. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Universitas Negeri Yogyakarta.Vol. 3 (1): 139-145.

Feist J. & Feist G.J. 2014.Theories 0f Personality ; Teori Kepribadian. Jakarta. Salemba Humanika.

Galuh A. K. & Desiningrum D. R. 2016.Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Pada Remaja Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.Vol.5(4): 640-644.

Goldsmith, D. J. 2008.Communicating Social Support, New York, Melbourne, Madrid, Cape Town, Singapore, São Paulo, Delhi. Cambridge University Press.

Hergenhahn B. R & Olson M. H. 2010.Theories Of Learning ( Teori Belajar). Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.

Hill I. 2012.An international model of world-class education: The International Baccalaureate. Artikel. Jenewa, Swiss.Chene-Bougeries.Vol.11 (3): 254-261.

Jannah M. 2015. Perbedaan Tingkat Kedisiplinan dan Karakter Pribadi Siswa Akselerasi dan Non Akselerasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. Vol 24 (5): 329-401.

Kusaeri U. & Mulhamah N. 2016 Kemampuan Regulasi Diri Siswa Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.Vol.1(1): 31–42.

Latipah E. 2010.Strategi Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar:Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.Vol.37 (1): 110 – 129.

Lee M. 2017. Why offer the International Baccalaureate Middle Years Programme? A comparison between schools in Asia-Pacific and other regions. jurnal Universitas Canberra, Bruce.Vol.15 (1): 3-17.

Makhali I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.JurnalPendidikan Islam.Vol. 3 (1): 14-35.

Mufidah A. C. 2017.Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Bidikmisi Dengan Mediasi Efikasi Diri.Jurnal Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.Vol.6 (2): 121-139.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Renika Cipta.

Periantalo, J. 2016. Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Radhyan H. & Tino L. 2010.Gambaran Self-Regulated Learning pada Mahasiswa yang Tidak Menyelesaikan Skripsi dalam Waktu Satu Semester di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.Vol.5 (1) : 1-11.

Rustika M. & Puteri P. M. A. 2016. Hubungan Antara Self Regulated Learning dan Kelekatan Remaja Awal Terhadap Ibu Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP N 6 Denpasar Jurnal Psikologi , Universitas Udayana.Vol.3 (1): 54-63.

Rozali Y. A. 2014. Hubungan Self Regulation Dengan Self Determination (Studi Pada Mahasiswa Aktif Semester Genap 2013/2014, Ipk ≤ 2.75, Fakultas Psikologi, Universitas X, Jakarta). Jurnal Lecturer At The Faculty Of Psychology Esa Unggul University Jakart.Vol.12 (2): 122-134.

Ryza A, Sri H, Dian R. S. 2009. Hubungan Antara Self-Regulated Learning (Srl) Dengan Kemandirian pada Siswa Program Akselerasi SMA Negeri 1 Purworejo. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.Vol.14, (7): 34-45.

Shabir U. 2015.Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru) Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Vol. 2 No 2: 221-232.

Shofiah V. &Raudatussalamah. 2014.Self- Efficacy dan Self- Regulation Sebagai Unsur Penting dalam Pendidikan Karakter (Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Tasawuf). Jurnal Uin Sultan Syarif Kasim Riau.Vol.17 (2): 214-229.

Sugyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta Bandung.

Trinova Z. 2013. Pembelajaran Berbasis Student-Centered LearningPada Materi Pendidikan Agama Islam. Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang.Jurnal Al-Ta’lim.Vol. 1 (4): 324-335.

Widanarti, N. & Indati, A. 2002. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Pada Remaja Di Smu Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada.Vol.3 (2): 112 – 123.

Widyanti E, Purab J. & Yulianto A. 2007. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout PadaGuru. Jurnal Psikologi.Vol.5(1): 77-87.

PlumX Metrics

Published
2020-05-16
How to Cite
Tea, T., Anakaka, D., & Amseke, F. (2020). Dukungan Sosial Guru dan Self Regulated Learning Siswa. Journal of Health and Behavioral Science, 2(2), 60-79. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i2.2193
Section
Articles