Review Of The Effect Of The Family Environment And Learning Media On The Learning Process Of Children In Slum Areas

  • Marylin Susanti Junias(1*)
    FKM Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Family Environment, Learning Media, Psychological Dynamics of Elementary School Children

Abstract

Abstract. Family is the first place for a child to get an education. The success of a child depends on the role of the family in providing attention and a comprehensive and mutually sustainable learning environment. In addition, optimizing a child's education is to provide children's learning media that is interesting and creative, so that learning takes place effectively. Especially for elementary school children who live in slum areas. The specific conditions and situations in the slum areas have a psychological effect on them in understanding the lesson. One of the places that help children to learn creatively and interestingly in Kupang City is the Alak Shelter House, which is a learning room for children in the slum area of ​​Alak Kupang's final waste disposal site (TPA). Different methods and uses of creative media provide a touch of psychological dynamics of its own so that children can be more open in expressing their opinions. This article reviews the current literature on the topics reviewed above.

Keywords: Family Environment, Learning Media, Psychological Dynamics of Elementary School Children

Abstrak. Keluarga merupakan tempat pertama seorang anak mendapatkan pendidikan. Keberhasilan seorang anak tergantung pada peran keluarga dalam memberikan perhatian dan lingkungan pembelajaran yang komprehensif serta saling berkesinambungan. Selain itu, dalam mengoptimalkan pendidikan seorang anak adalah dengan menyediakan media pembelajaran anak yang menarik dan kreatif, agar pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan efektif. Terutama bagi anak sekolah dasar yang tinggal di daerah kumuh. Kondisi dan situasi spesifik pada daerah kumuh, memberikan pengaruh psikologis tersendiri bagi mereka dalam memahami pelajarannya. Salah satu tempat yang membantu anak untuk belajar dengan kreatif dan menarik di Kota Kupang adalah Rumah Singgah Alak, yang menjadi ruang belajar bagi anak-anak di kawasan kumuh tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Alak Kupang. Metode dan penggunaan media kreatif yang berbeda, memberikan sentuhan dinamika psikologis tersendiri sehingga anak-anak dapat lebih terbuka dalam mengemukakan pendapatnya.   Artikel ini meninjau literatur terkini tentang topik yang telah diulas di atas.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Media Pembelajaran, Dinamika Psikologis Anak Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Reference
Ahmad, E. S. (2020). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 19(2), 197–202. https://doi.org/10.47467/mk.v19i2.431
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hergenhahn, B. R. (2008). Teori Belajar. Jakarta: Prenada Media
Hermawan (2008). Efektifitas Media Pembelajaran. https://hernawan01.wordpress.com/2008/11/07/epektifitas-media-pembelajaran/ diakses 10 April 2020; 21.59 wita.
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa, 7(2), 265–282.
Jihan, dkk. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2)
Mukin, M. T. D. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Menggambar Partisipatif Pada Anak Sekolah Dasar Di Kawasan Kumuh Tempat Pembuangan Akhir Alak Kupang. University of Nusa Cendana.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajran; Sebuah Pendekatan Baru, Ciputat: Gaung Persada Press
Notoadmodjo, Soekidjo (2012) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Rahmayulius. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Kelas II SD Negeri 157 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 2(2). 214-222
Rahmiyanti. (2014). Pengaruh Penerapan Teori Pembelajaran Gagne Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMA SOMBA OPU Kab. Gowa. Skripsi, Universitas Islam Negri. Alauddin Makassar.
Rohmawati, dkk. (2019). Efektivitas penggunaan media papan waktu pada pembelajaran penghitungan waktu bagi siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1)
SK Walikota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur nomor 220/KEP/2014 (2019, Januari). Tribun News. Retrieved from: https://kupang.tribunnews.com/2019/10/25/pemkot-kupang-bertekad-jadikan-kotakupang-tanpa-kumuh-kotaku?page=all, On Januari 9, 2020
Slavin (2000) https://id.wikipedia.org/wiki/Belajar (diakses tanggal 10 April 2022; 21.25 wita)
Sudjana & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar. Baru Algensindo.
Suryani, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. 1-13.
Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Puastaka.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta; Yayasan Kanisius.
Zeuny, F. (2019). Peran keluarga dalam pendidikan nilai dan karakter. In BP PAUD dan DIKMAS D.I. Yogyakarta.

PlumX Metrics

Published
2022-04-11
How to Cite
Junias, M. (2022). Review Of The Effect Of The Family Environment And Learning Media On The Learning Process Of Children In Slum Areas. Journal of Health and Behavioral Science, 4(1), 186-196. https://doi.org/10.35508/jhbs.v4i1.6733
Section
Articles