Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Siswa SMA Kristen Citra Bangsa Kupang

  • Diana Novita Rihi(1*)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Muhammad Pua Upa(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Andriani P Nalle(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Febriana Febriana(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Harmony Family, Self-Concept, Students

Abstract

This study aims to investigation of family harmony, students' self-concept, and the relationship between family harmony and the self-concept of class X SMA K Christian Citra Bangsa Kupang. This study uses a quantitative approach with a descriptive correlational research type. This study was conducted at Citra Bangsa Christian High School, Kupang City with a population of 173 students. The sampling technique used was proportional random sampling technique and a total of sample 78 students. The data collection technique uses Instrument with a Likert scale model. The data analysis techniques used are descriptive analysis and correlational analysis with the SPSS for Windows 16.00 Version program. The study results show that (1) dominant family harmony is in the low category with a percentage of 39% (31 people) (2) Dominant self-concept is in the low category with a percentage of 35% (28 people). Product moment correlation analysis shows that family harmony and self-concept have a significant and positive relationship with a calculated r value of 0.702 (r calculated 0.701 > r table 0.227). Based on the research results, it is known that there is a significant and positive relationship between family harmony and the self-concept of class X students at Citra Bangsa Christian High School, Kupang. The results of this study indicate that the lower family harmony, the lower the self-concept of class X students at Citra Bangsa Christian High School Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya DenganKonsep Diri. Bandung: PT. Refika Aditama

Basri, Hasan. 2002. Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Calhoun, James F dan Accella, J.R. 1995.Psikologi tentang penyesuaian Hubungan Kemanusiaan (terjemahan R. S. Satnoko), Semarang: IKIP Semarang Pres

Gunarsa, S. D. 2000. Psikologi untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia

. 2004.Psikologi Perkembangan Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia

Khairiyah, M. 2019. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Remaja di Madrasah Aliyah Swasta Taman Pendidikan Islam Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Kwangko, M. M., Lohmay, I., Abel, R. M., & Lay, A. E. (2023). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Kehadiran Siswa di Sekolah pada SMA Negeri 2 Amarasi. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(1).

Musbikin.2009. KonselingKelompok Konsep Dasar Dan Pendekatan. Bandung:Rizqipress.

MULYANI, R. 2019. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) terhadap Konsep Diri Anak Asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Batusangka.

NAIKE, S. B. 2017. Hubungan Harga Diri (Self Esteem) Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas VIII SMPN 2 Batusangkar.

Novi.2017. Hubungan Antara Konsep Diri dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja Kelas X SMKN 1 Cikarang.

Pasaribu, 2016.Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Siswa.Skripsi. Fakultas Psikologi Kesehatan. Universitas Islam Negeri Semarang

Pawe, M. F., Upa, M. P., Geradus, U., & Masi, L. M. (2023). Burnout Belajar selama masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Kota Kupang. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(1).

Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

Pudjijogyanti, R C. 1995. Konsep Diri dalam Pendidikan.Bandung : Acan.

Purwita Diyah Titis, 2017.Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Siswa Pada Siswa SMA Kelas XI 2 Surakarta.Skripsi.FK. Universitas Surakarta

Putri, Novi Atien Purwana; Khoirunnisa, Riza Noviana.Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Konsep Diri pada Remaja Awal SMP “X” di Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2019, 6.5.

Rakhmat, J. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Sarwono, S.W, Meinarno E.A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, Y. D. N. Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa SMP Negeri 251 Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Safitri, A. 2020. Studi Literatur: Asuhan Keperawatan Keluarga Penderita Skizofrenia Dengan Gangguan Konsep Diri: Harga Diri Rendah Kronis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

SH Febriyani Dina, F. D., & Rusmawati Diana, D. R. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Demak (Doctoral dissertation, Undip).

Siregar.2012.Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Yogyakarta: Prenada Media Grup

Suranata, K., Apriliana, I. P. A., & Ifdil, I. (2020). The Effect of Problem-Solving Training to Improve Students Critical Thinking and Decision-Making Skills: Racked Analysis. Acta Counseling and Humanities, 1(1), 1-9.

Suryabrata. 2003.Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta

Yunita, S. 2021. Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Peserta Didik Di Mts Darussalam Sidodadi Kecamatan Bandar Surabaya Lampung Tengah(Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Zakaria, A. 2017., AsuhanKeperawatan Keluarga PadaTahap Perkembangan Teori dan Kosnsep, Purwokerto: CVIRDH.

PlumX Metrics

Published
2023-12-01
How to Cite
Rihi, D., Upa, M., Nalle, A., & Febriana, F. (2023). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Siswa SMA Kristen Citra Bangsa Kupang. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3). https://doi.org/10.35508/jbkf.v1i3.11149
Section
Articles