PENGARUH BRAND AWARENESS DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CUSTOMER PRODUK PRO ISRAEL

  • Adelia Putri Nazti Maulana(1*)
    Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan
  • Nurus Safaatillah(2)
    Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan
  • Lilik Uzlifatul(3)
    Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan
  • Emalia Nova Sustyorini(4)
    Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Brand awareness, Religiosity, Purchasing Decisions

Abstract

Garnier, a new product from PT. L'oreal Indonesia offers affordable prices and various variants with the latest innovations. However, political and religious controversies involving Israel often create negative perceptions of pro-Israel products. The focus of this research is the analysis of the influence of Brand Awareness and Religiosity on customer Purchasing Decisions of pro-Israel products on Garnier products at Abel Store. This study aims to determine the influence of Brand Awareness and Religiosity on Purchasing Decisions. This study used a sample of 105 respondents with the method of quantitative analysis and processed using Smart PLS. The results of this study show that Brand Awareness and Religiosity have a positive and significant effect, partially and simultaneously. 

Keywords: Brand Awareness; Religiosity; Purchasing Decisions

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N., Rahman, M. A., & Aisyah, S. (2021). Analisis Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Remaja Wanita Di Kota Makassar. Jurnal Sipakalebbi, 5(2), 180-196.

Agrevinna, M. (2020). Strategi pengembangan bisnis dalam bidang kecantikan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 15(1).

Aliyah, S., & Suryaningsih, S. A. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Religiusitas, Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Skincare di Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 123-133.

Annisa, A., & Yoestini, Y. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kesadaran Merek, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Semarang). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 24(1).

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh masuknya budaya asing terhadap nasionalisme bangsa indonesia di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491-7496.

Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., ... & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.

Faizin, N., Azizah, S. N., Setyaning, L. G., & Haryadhi, L. L. M. (2024, October). Pemboikotan Produk Israel dalam Pandangan Hukum Islam. In SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Vol. 3, No. 1, pp. 73-84).

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek. Cv. Penerbit Qiara Media.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Hair et al. 2019. Multivarate Data Analysis. 8th Edition, United Kingdom: Cengage Learning EMEA.

Herdiansyah, H., Safitri, S. S., Handayani, L. A., Wibowo, E. N. E., & Jatmiko, M. A. (2024). Pengaruh Paparan Media Sosial, Loyalitas Dan Konformitas Terhadap Keputusan Pembeli Produk Mcdonald’s Pasca Boikot. Gandiwa Jurnal Komunikasi, 4(1), 58-71.

Intang, A. (2023). PENGARUH FITUR, BRAND IMAGE, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI CILINCING (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian AMDK merek aqua (Studi pada masyarakat di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1).

Kwan, M. (2023). Strategi Rebranding Pada Maklon Sebagai Bentuk Jasa Produksi dan Pemasaran Untuk Menigkatkan Ekuitas Merek Pada Perusahaan Kosmetik di Indonesia. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(03), 515-522.

Lutfiah, A. (2018). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Di Sekolah Pada Siswa Smp Negeri 1 Porong-Sidoarjo. 36-37.

Muntasyir, M. B. (2022). Peran Aktif Amerika Serikat Era Joe Biden Dalam Konflik Palestina Dan Israel. Journal Power in International Relation, 7.

Ningsih, S. W. (2021). Analisis Kreativitas Iklan Dan Celebrity Endorser Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Pada Produk Wardah Kosmetik (Studi Mahasiswa Iain Bengkulu) (Doctoral Dissertation, Uin Fas Bengkulu).

Setiyani, W. (2018). Keragaman perilaku beragama.

Simanjorang, B. M., SyahPutra, B. A., Husin, M. H., Bangun, I. B., Zawani, N., Siburian, T. D. N., & Perangin-Angin, Z. G. (2023). Pengaruh Konflik Palestina dengan Israel terhadap Gerakan Perlawanan Hamas dan Dampaknya Bagi Indonesia. Mediation: Journal of Law, 24-30.

Sormin, S. K., & Malik, F. D. M. (2024). Perilaku Konsumsi Terhadap Boikot Produk Pro Israel. Karimah Tauhid, 3(3), 3114-3120.

Sulistyono, M. A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Kas FE Condong Catur Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UII).

Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). RELIGIUSITAS Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. Jakarta Pusat: Bibliosmia Karya Indonesia.

Permadi, G., & Heriyanto, M. (2016). Pengukuran Tingkat Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosia dan Ilmu Politik Universitas Riau) (Doctoral dissertation, Riau University).

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104.

Putriana, P. (2022). Peran Religiusitas Dalam Memediasi Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik:(Studi Pada Konsumen Muslimah Di Pekanbaru Provinsi Riau). Jurnal Asy-
Syukriyyah, 23(2), 217-233.

Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Nilai Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Boikot Produk Kfc (Studi Pada Konsumen Muslim Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(1), 10-10.

Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111-116.

Riyanti, D., & Nisa, F. L. (2024). Dampak Aksi Boikot Produk Berafiliasi Israel Terhadap Pertumbuhan Produk Lokal di Era Konflik Israel-Palestina. Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 3(2), 1-13.

Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, produk, dan religiusitas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136-147.

Rosyada, M. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 213-218.

Ruriana, A. N., & Roza, S. (2022). Analisis Pengaruh Brand awareness, Tingkat Religiusitas, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Konsumen Hijup Sebagai the First Islamic Fashion E-commerce in The World. In Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen PNJ (Vol. 3).

Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. Iocs Publisher.

Subchan, A. H. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Garnier Micellar Cleansing Water (Studi pada konsumen Garnier Cleansing Micellar Water di Solo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sundaro, H. (2022). Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Modul, 22(1), 21-30.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Uran, M. N., Fanggidae, R. P., & Nyoko, A. E. (2021, November). The Effect of Consumer Behavior on Consumer’s Interest to Buy Products Mr. Beta Pomade in UMKM in South Oesapa Village. In 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021) (pp. 673-677). Atlantis Press.

Wardhana, H. (2023). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Loyalitas Merek Avoskin (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Wulandari, S. (2021). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian (studi kasus konsumen Indomie di Sidoarjo). JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(1), 31-36.

Zusrony, E., Kuncoro, W., & Nurrochman, N. (2018). Pemetaan Persebaran Nasabah Kredit Macet Perusahaan Multifinance. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 107-114.

PlumX Metrics

Published
2024-11-10
How to Cite
Maulana, A., Safaatillah, N., Uzlifatul, L., & Sustyorini, E. (2024). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CUSTOMER PRODUK PRO ISRAEL. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 17(3), 1175-1186. https://doi.org/10.35508/jom.v17i3.15086

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.