ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN PADA INFLUENCER MARKETING DAN PACKAGING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK REYSHAKA INTERIOR
Abstract
This study seeks to assess the influence of influencer marketing and product packaging on the purchasing decision of the Reyshaka Interior product. The research used a quantitative descriptive design. The survey included 270 participants, including a sample of 100 long-time consumers of Reyshaka Interior. Data gathering methods entail distributing surveys to participants. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) is employed for data analysis. The study started in November 2023 and was completed in March 2024. The study reveals that influencer marketing and product packaging significantly influence purchase decisions for the Reyshaka Interior product. The predominant element is the influencer marketing variable, which surpasses consumer behavior. Consumer behavior can significantly influence purchasing decisions through influencer marketing and products.
Keywords: Influencer Marketing; Product Packaging; Purchasing Decision
Downloads
References
Alimin, F., & Islami, A. N. (2022). Teknologi Digital dalam Komunikasi.
Apriliani, N., & Ekowati, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Brand Awareness Dan Komunikasi Pemasaran (Viral Marketing) Di Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4(2), 501-515.
Asmarita, D. (2024). Pengaruh Konten Instagram@ deramelia Terhadap Minat Pengelolaan Keuangan Followers (Studi Pada Akun Instagram@ deramelia) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Chandra, P. A. (2024). Pengaruh Display Product, Service Quality, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Produk Nevada Di Matahari Department Store (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Kaza Mall Surabaya) (Doctoral Dissertation, Upn Veteran Jawa Timur).
Fajar, M. (2022). Analisis Kepuasan Penggunaan Media Tiktok dikalangan Remaja di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Tesis. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pascasarjana IAIN Parepare (Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE).
Faozi, I., & Handayani, S. B. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang dipengaruhi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan pada PT Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 26(47).
Fauzan, R., Daga, R., Sudirjo, F., Soputra, J. H., Waworuntu, A., Madrianah, M., & Risakotta, T. K. (2023). Produk dan Merek. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Gohae, M. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2).
Gunawan, A. A. P. D., Novel, N. J. A., & Budiyanti, S. A. (2023). Strategi Influencer Marketing Pada Rahsa Nusantara Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 725.
Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Valuta, 2(2), 286-303.
Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019). Endorsement: media pemasaran masa kini. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 88-98.
Herawati, H., & Muslikah, M. (2020). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2 (01), 17–35.
Indriastiningsih, E., Primasanti, Y., & Anwar, A. K. (2021). Pengembangan Produk Makanan Tradisional Jenang Rasikana Sebagai Produk Unggulan Daerah. SENRIABDI, 777-788.
Iswahyudi, M. S., Budaya, I., Purwoko, P., Riswanto, A., Lestari, A. A., Widawati, E., & Lova, A. N. (2023). Manajemen Pemasaran: Strategi dan Praktek yang efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Martins, P. D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Menggunakan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Online Pada PT Benelli Perkasa Motor Pusat Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya).
Moy, R. J., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 2(2), 161-173.
Murohman, M. R., & Siswati, A. (2024). Analisis Pembuatan Desain Warna pada Kemasan Masker, Shoecover dan Mobcap di PT. Medika Maesindo Global Temanggung Menurut Standar Surat Edaran Alat Kesehatan dalam Negeri untuk Meningkatkan Minat Customer. MASMAN: Master Manajemen, 2(3), 61-79.
Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLS. Pascal Books.
Nurfauzi, R., Rakhmat, C., & Arisman, A. (2022). Pengaruh Packaging dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada Konsumen Produk Sale Ambon Ibu Ooh Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 4310-3414.
PM, S. M., & Burhan, U. (2023, May). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 485-497).
Pramudita, R. A., & Antika, R. W. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral. Iqtishadequity jurnal Manajemen, 3(2), 290-302.
Pratama, M. A. (2022). Startegi Komunikasi Pemasaran Skippers Company Di Media Sosial Instagram (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Pratama, P. D. (2021). Pengaruh Influencer Marketing, Endorsement Artis, Brand Image, Labelisasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Komunitas K-Pop di Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah).
Prasetya, A. Y., Astono, A. D., & Ristianawati, Y. (2021, December). Analisa Startegi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media Dan Online Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko On Line Zalora). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4).
Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding produk dalam menjaga loyalitas konsumen pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11-21.
Putri, J. A., Rahayu, E., & Hardiani, W. A. A. (2022). Pengaruh Packaging, Promosi Melalui Media Sosial Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Niten Jamu Semarang). Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 1-14.
Rahma, O. (2020). Pengaruh Variasi Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Aice Di Bengkulu (Studi Kasus Mahasiswa Febi) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Rasa, I. N. M. A. G., Astiti, M. P., Eryani, I. A. A. P., Yudiastari, I. N. M., & Semaryani, I. A. A. M. (2023). Pentingnya kemasan dalam pemasaran produk. Scopindo Media Pustaka.
Rosanti, I., Kasran, M., & Sampetan, S. (2023). Apakah Social Media Marketing Dan Influencer Marketing Berpengaruh Pada Proses Keputusan Pembelian Yamaha (Studi kase pada konsumen yang mengetahui akun Instagram Yamaha. jabar). SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 159- 167.
Saekoko, A. N., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian smartphone xiaomi (studi kasus pada mahasiswa pengguna smartphone xiaomi di universitas nusa cendana). Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1), 49-64.
Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Saputra, A. R. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Motivasi Kerja. 89.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Supriyanto, A. (2023). Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan pemasaran digital terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa desain interior pada perusahaan ratu interior. Jurnal ilmiah multidisiplin, 2(05), 58-68.
Syaputra, E. A., Amir, S., Syamsuddin, F., Paninggalih, R., & Rossalina, N. (2023). Strategi Desain Produk Packaging Untuk Mendukung Pemasaran Produk Umkm Kota Pontianak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ItK (PIKAT), 4(2), 129-138.
Tarigan, F. A., & Siahaan, A. M. (2021). Sistem Informasi Pemesanan Desain Interior Dan Eksterior Rumah Berbasis Android Menggunakan Metode Business Canvassing. Jurnal Times, 10(2), 72-79.
Uyuun, S. N. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164-174.
Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY, 6(2).
Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal EMT KITA, 6(2), 324-333.