ANALYSIS OF HEALTH SERVICES QUALITY USING SERVQUAL METHOD IN CORRECTIONAL INSTITUTIONS CLASS IIA KOTABUMI
Abstract
This research is to analyze whether there are problematic attributes in the health services provided by the Kotabumi Class IIA Penitentiary, which are the needs of its inmates, using the ServQual and Importance Performance Analysis methods. This research was then carried out using quantitative methods. Data collection in this research was carried out by distributing questionnaires to respondents, where the respondents in question were samples taken from sick prisoners in December 2023 in the Class IIA Kotabumi Correctional Institution. In the research, the researchers used random sampling techniques. The population used was 142 respondents. Sampling was carried out using the Krejcie Morgan table. The findings show that the services provided by the Kotabumi Class IIA Penitentiary have not fully met the expectations of the prisoners in the prison.
Keywords: Quantitative; Gap; Importance Performance Analysis; ServQual
Downloads
References
Creswell, J. W. 2016. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan. Campuran.Pustaka Belajar
Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM)
Dwiyanto, A. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik, PT Raja Grafindo, Depok
Jazuli dkk. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Dengan ServQual Dan Importance Performance Analysis di PT. XYZ. Vol.1 No.1. Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi.
Kanina, A., S. (2020). Saudi Car Dealerships’ Service Quality, Customer Satisfaction, and Behavioral Intentions: A Quantitative Correlational Study. Dissertation
Kaveeta K. Melisa dkk. 2022. Efektivitas Dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Bukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal. Vol. 10 No. 4. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi
Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Nomor PAS-32.PK.01.07.01 Tahun 2016
Kotler, P dan Keller, K. 2016. “Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2”. Jakarta : PT. Indeks.
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi tahun 2023
Laporan Bulanan Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi.
Lewis, S. 2015. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Health Promotion Practice, 16, 473-475.
https://doi.org/10.1177/1524839915580941
Lukita dkk. 2019. Metode ServQual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon. Vol.9 No.2. Jurnal DIGIT.
Martono, N. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Nelson Mandela Rules (Aturan Standar Minimum Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Perlakuan terhadap Narapidana)
Nur, A. L. dan Nurjannah, H. (2022) . Analisis Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Menggunakan Importance Performance Analysis. Vol.5 No.2. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting.
Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No M.HH.02.UM.06.04 Tahun 2011
Peraturan Badan Standardisasi Nasional Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022
Prasetyo, B. dan Miftahul, J. L. (2016). Metode penelitian kuantitatif: teori dan aplikasi Rajawali Pers.
Pratiwi, H. L. dan Yulianthini, N. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Minimarket Cahaya Baru Singaraja. Vol. 8 No. 1 . Bisma: Jurnal Manajemen.
Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2022). Metode Penelitian Kuanti . DEPOK: Pascal Books.
Rahma dkk. (2022). Evaluasi Kualitas Layanan Website SMA Negeri 1 Wangon Menggunakan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis. Vol.16 No.2, Jurnal TEKNO KOMPAK.
Result Penghuni . (2023, Desember 31). SDP Publik. https://sdppublik.ditjenpas.go.id/
Rida, F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Tamu Fabu Hotel Bandung). Universitas Pasundan.
Sinaga, V. I. (2020). Pengukuran Kualitas Website Sekolah Pa Van Der Steur Menggunakan Metode Webqual. Universitas Nusa Mandiri.
Sudirman, R., Salfadri dan Ratu, F. T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan D’dhave Hotel Purus Padang. Vol. 4 No. 1. Matua Jurnal
Syarif, H. M. dan Abdan, S. M. 2020. Konstruksi Alat Ukur Psikologi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023
Undang-Undang No. 36 Tahun 2009
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
Undang Undang No. 22 tahun 2022