PENGARUH SEMANGAT KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 PAMOTAN
Abstract
This research aims to test the relationship between working spirit, working discipline, and job satisfaction on teacher performance in SMA Negeri 1 Pamotan. This study's participants are the high school teachers in SMA Negeri 1 Pamotan, totaling 32 civil servant teachers. Data was obtained from respondents with the research instrument using a questionnaire. Sampling techniques using saturated sampling or census. Data analysis techniques using multiple linear regression. The study's results show that working spirit and working discipline have a non-significant positive impact, and the study’s findings indicate that teachers' performance is significantly improved by job satisfaction. The results of the determination test for the variables working spirit, working discipline, and job satisfaction were able to explain variations in teacher performance variables of 70.1%.
Keywords: Working Spirit; Working Discipline; Job Satisfaction; Teacher Performance
Downloads
References
Abidin, M. I. Ambarwati, D. & Muttaqien, Z. (2023) ‘Pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Pawyatan Daha 1’. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis (JUPSIM), 2(3), 251-258.
Cikka, H. (2020) ‘Konsep-konsep Efensial dari Teori dan Model Perencanaan dalam Pembangunan Pendidikan’. Journal of Pedagogy, 3(2), 103-114.
Ekawati, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 3(2), 118-139.
Fatimah, S. (2015) ‘Pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. BPR Indomitra Mega Kapital Pekanbaru’. Jom FEKON, 2(2), 1-15.
Ghozali, I. (2018) ‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25’, Edisi 9, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gemnafle, M. & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.
Handariani, N. L. I. Suarmanayasa, I. N. & Widiastini, N. M. A. (2023) ‘Pengaruh Beban Kerja, Komunikasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru’, 6(3), 386-398.
Kurniawansyah. Ulfa.Y. & Abdul, R. (2022) ‘Pengaruh Semangat dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Guru SMPN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat)’, Jurnal Riset dan Kajian Manajemen, 2(2), 273-283.
Khasanah, U. Kharisma, N. S. & Muhammad, S. (2023) ‘Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada SMK Ma’arif NU Nusahada Reban)’, Journal Economic Insights, 2(2), 1-13.
Pane, E. M. Widayatsi, T. Emawati. (2023) ‘Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Swasta Se-Kecamatan Baturaja Timur’, Journal on Education, 5(4), 14625-14638.
Riyadi, M. & Indartono, S (2016) ‘Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Percetakan Karesidenan Banyumas’.
Sugiyono. (2018) ‘Metode Penelitian Kuantitatif’, Bandung, Alfabeta. 173-186.
Seniwati. Sudarno. Fatmasari, R. (2022) ‘Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja, Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus IV Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru’. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 31- 42.
Sopia, E. (2022) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Tanjungsari’, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 184-201.
Triyanah, T. & Suryadi, E. (2016). Iklim sekolah sebagai determinan semangat kerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 75-83.