THE INFLUENCE OF CONSUMER BELIEFS AND EMOTIONALITY ON CONSUMER SATISFACTION IN THE SENTUL SCOUTING EARTH UNIT, BOGOR
Abstract
The aim of this research is to determine consumer loyalty in the Bumi Kepanduan Unit Sentul Bogor which is influenced by consumer trust, emotions through consumer satisfaction, and 100 people were sampled. Meanwhile, the analytical method used is the quantitative descriptive method and path analysis. The results of the research show that consumer trust has a positive and significant effect on consumer satisfaction; emotionality has a positive and significant effect on consumer satisfaction; consumer trust has a direct positive and significant effect on consumer loyalty; emotional has a direct positive and significant effect on consumer loyalty; consumer satisfaction has a direct positive and significant effect on consumer loyalty; consumer trust has an indirect and positive effect on consumer loyalty through consumer satisfaction at the Sentu Bogor Scouting Unit; and emotion has an indirect and positive effect on consumer loyalty through consumer satisfaction at the Sentu Bogor Scouting Earth Unit.
Keywords: Consumer Confidence; Emotional; Consumer Loyalty ; Consumer Satisfaction
Downloads
References
Arif, M. S. Z. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 472-481.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.
Basu S.. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta
Dewi, C., Bangun, A. A., & Susilowati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 193-203.
Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hasanah, N., Basalamah, M. R., and Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Grab (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10.01.
Hery. 2019. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grasindo.
Izah, A., & Prabowo, B. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Aplikasi E-Commerce
Zalora Di Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1449-1558.
Iskandar, E. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Susu S-26 Pt. Nestle Indonesia Di Kota Bogor (Doctoral dissertation, Universitas Djuanda Bogor).
Ishak, L. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen TerhadapLoyalitas (Studi Kasus Tentang Peran Mediasi Switching Costs). Jurnal Siasat Bisnis, Vol.15 No.1.
Kasinem, K. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339.
Kotler, P. and Kevin, L. K 2018. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kusuma, R. W., & Suwitho. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 1–17.
Melanda, Y. (2019). Pengaruh Kedekatan Emosional Dan Atmosphere Terhadap Loyalitas Nasabah Bri Link (Studi Di Kecamatan Bermaniilir Kabupaten Kepahiang) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Oktaviani, W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 140-152.
Rahmah, C. A. (2020). pengaruh kualitaas pelayanan dan emosional terhadap kepuasan pelanggan pada honda IDK 2 MEDAN. Jurnal Manajemen Tools. Hal 21-15.
Ronasih, M. Y., & Widhiastuti, H. (2021). Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 109-130.
Rizal, W. K dan Suwitho. (2015). Pengaruh Kuaitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4 No. 12, -15.
Setyaningsih, S. (2020). Penguatan Sumber Daya Manajemen Pendidikan Melalui Analisis Jalur (path analysis) & Metode SITOREM. first ed. Bandung: Alfabeta cv.
Sugiyono. (2019). Metode Peneliyian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Sangadji, E. M., dan Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih. Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.
Tery. (2018). Dasar dasar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran jasa prinsip penerapan, penelitian. Yogyakarta: Andi.
Umar, H. 2015. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta ID : Ghalia Indonesia.
Wicaksono, Y., & Santoso, S. B. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi pelanggan di PT. Indo Samudera Perkasa Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Yeolanda, J. (2023). Pengaruh Emosional, Kepuasan Dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan di Kantor Notaris dan PPAT Debora Ekawati Lukman Dadali, SH (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Yuningsih, E., Gemina, D., and Silaningsih, E. (2021). Analisis Experiential Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Jasa Pariwisata. Jurnal Multidisiplin Madani 1.3: 319-340.