THE INFLUENCE OF STORE ATMOSPHERE AND CUSTOMER EXPERIENCE ON PURCHASING DECISIONS THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE
Abstract
Using customer satisfaction as a mediating variable, this study examines how store environment and customer experience influence purchasing decisions at Kae Kopi, Lamongan. With 100 respondents selected using purposeful sampling using the Lemeshow algorithm, this study uses a quantitative methodology. Likert scales were used in the online survey to collect data, and SmartPLS assisted in the partial least squares (PLS) analysis. The findings of the study indicate that, through customer experience satisfaction, retail atmosphere and customer experience have a significant positive impact on purchasing decisions. Compared to the retail environment, customer experience has the greatest impact on customer satisfaction. This study only looks at one object of study and ignores other factors such as brand image and price. To provide more comprehensive insights, further research is recommended to examine more variables and broader items.
Keywords: Store Atmosphere; Customer Experience; Customer Satisfaction; Purchasing Decisions
Downloads
References
Aini, A. N., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Di J. Co. Culinaria, 4(1).
Aini, I. N. K., Marlien, R. A., & Riva’i, A. R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Konsumen, dan Word of Mouth Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen KFC di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management, 7(2), 263–276.
Alfa, A. A. G., Rachmatin, D., & Agustina, F. (2017). Analisis pengaruh faktor keputusan konsumen dengan structural equation modeling partial least square. Jurnal EurekaMatika, 5(2), 59–71.
Andriani, F., & Nalurita, S. (2021). Pengaruh iklan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia (studi kasus pada pengguna tokopedia di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.
Annaufal, M. A., Prastowo, S. L., & Syah, H. (2023). Pengaruh Tren Produk, Store Atmosphere, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 19(3), 116–125.
Arif, A. S., Sutono, S., & Faidah, F. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Live Music, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Kedai Kopi di Jepara). Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 4(2), 1–16.
Bulu, O., Subaida, I., & Minullah, M. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Altek Bangunan Di Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 3(7), 1221–1235.
Fairuzie, A., Siagian, A., & Stefhani, Y. (2022). Analisis Pengaruh Earning Per Share, Harga Emas Dunia, Inflasi Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen, 6(2), 37–52.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial least square, teknik dan aplikasi menggunakan Program SmartPls 3.0 Edisi 2. Semarang: Undip.
Grace, M., Tandiono, V. L., & Remiasa, M. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Customer Loyalty Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Platinum Grill Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(2).
Gunawan, I. (2023). Kajian Gaya Hidup Sosial Anak Muda Penggemar Coffee Shop (Studi Kasus Pada Coffee Shop “UD MITRA” di Sleman, Yogyakarta). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Hartanto, D., Mango, L., & Matana, T. R. (2024). Pengaruh Design Interior, Design Eksterior dan Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan pada Cafe Butterfly Poso. Ekomen, 24(2), 18–38.
Imam, G., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0 (Edisi ke-2). Semarang: Undip.
Indrasari, M. (2019). Buku pemasaran dan kepuasan pelanggan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Katarika, D. M., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1(2), 162–171.
Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi penerimaan user terhadap penerapan Quick Response Indonesia Standard sebagai teknologi pembayaran pada dompet digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123–135.
Munwaroh, U. L., & Riptiono, S. (2021). Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(5), 1030–1046.
Mustika, M. A. C. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea di Kota Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 35–46.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).
Nisa, T. A., Deswindi, L., & Maulidizen, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Online Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Aplikasi Tokopedia. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 38–52.
Oktaviani, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 140–152.
Patmawati, D. A., & Andjarwati, A. L. (2023). Peran pengalaman pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan PT. Pos Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 323–336.
Putri, A. D., Prabawani, B., & Widayanto, W. (2023). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Revisit Intention melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Coffee Shop Pijar: Studi pada Coffee Shop Pijar di Tembalang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 70–80.
Putri, L. H., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2024). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (Studi pada monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2).
Rahmadani, A. (2021). Pengaruh pajak restoran dan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah kota Padangsidempuan periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 14(02), 71–85.
Rahmawaty, P. (2020). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89–98.
Safitri, A., Zahroh, F., Naufaliadi, R., Nugroho, R. T., Sofyan, M., Rahmawati, N. F., & Maulina, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Sofyan Frozen. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 470–478.
Said, M. (2022). Manajemen Pemasaran Dan Kepuasan Konsumen Perusahaan Ritel Modern. Intelektual Karya Nusantara.
Saipul, M., & Saipul, M. (2023). Pengaruh Label Halal, Customer Experience, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Yen‟ s Delight Resto & Cafe Samarinda).
Sari, E. N. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Kong Djie Café Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 73–80.
Sari, M., & Kapuy, H. R. (2022). Pengaruh Interior Display Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Butterfly. Ekomen, 21(1), 36–46.
Satria, E. (2024). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Noka Cafe Kota Sungai Penuh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8180–8191.
Sihite, J. D. R., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2023). THE INFLUENCE OF PRODUCT PRICE AND STORE ATMOSPHERE TOWARDS CUSTOMER SATISFACTION AT FELLOW COFFEE. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 158–165.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Suharyanto, S., & Lestari, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Lain Hati di Grand Galaxy City Bekasi). Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 9(2), 10–24.
Sutaguna, I. N. T., Par, S. S. T., Par, M., Winanto Nawarcono, S. E., Andayani, S. U., Sos, S., Noor, L. S., SE, M. M., Par, R. K. S. S. T., & Evi Noviaty, S. E. (2023). Manajemen Strategi Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.
Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2019). Pengujian Validitas Dan Reliabilitas konstruk hope. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 128–135.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.
Tobroni, M. B. (2022). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 131–141.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. 2010-ISBN: 978-979-061-127-6–Salemba Empat.
Wardani, I. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada 200 Cafe and Food Di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 89–100.
Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510–521.
Wijaya, T. (2018). Manajemen kualitas jasa.
Yusuf, M. F., Badi’ah, R., & Dedyansyah, A. F. (2024). Meningkatkan Repurchase Intention melalui Keamanan dan Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Marketplace di Indonesia. JEBDEKER Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Bisnis Digital Ekonomi Kreatif Entrepreneur.