PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO
Abstract
The purpose of this study is to analyze the effect of product quality and price on purchasing decisions for Oppo smartphones, empirical studies; Pesona Square Mall Depok, Depok Town Square, Margo City Depok, ITC Depok and Depok Mall. The number of respondents who were sampled was 100 people, with the sample criteria; (i). Oppo smartphone users, and (ii). ever been to Pesona Square Depok Mall, Depok Town Square, Margo City Depok, ITC Depok or Depok Mall. Sampling using nonprobability sampling technique. The method uses purposive sampling, namely the sampling technique with certain considerations, so the samples selected are people who meet the criteria mentioned above. By using the Roa Purba formula, the methods used in it include; Analysis of the validity, reliability, classical assumption test, multiple linear regression analysis, F test, t test and coefficient of determination (SPSS Version 22). The result is that Product Quality (X1) does not have a significant effect on Purchase Decisions (Y), meaning that the quality of Oppo smartphone products is not a determining factor in purchasing decisions. While the price variable (X2) has a positive and significant effect on Purchase Decision (Y), meaning that the higher the price of the Oppo smartphone, the more it will increase the purchasing decision.
Keywords : Product Quality, Price, Purchase Decision
Downloads
References
Ahmad Surya Gunawan, W. H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Huawei Studi Pada Mahasiswa Universitas DiPonogoro Dan Universitas Negeri Semarang. 1-10.
Amstrong, K. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Andi S Tarigan, Z. S. (2019). pengaruh harga dan brand trust terhadap keputusan pembelian oppo smartphone (studi kasus pada oppo store,sinergy celular medan. jurnal plans penelitian ilmu manajemen & bisnis vol 14 no. 1 mei 2019 ISSN:1978-7057 E-ISSN:2527 - 306X, 17-21.
Aninda Cynthia Budianti, A. L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Redmi 1S (Studi Pada Pengunjung WTC Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomer 1 Jurusan Manajemen Fakultsa Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 1-9.
Cahya, E. (2015). Pengaruh Kualitgas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 3 No.2.
Dungo aryaty L.G, A. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek (Brand image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series J Studi Kasus Pada Konsumen Samsung Galaxy Series J Di Kota Semarang.
Erisa Deliyani, B. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada penumpang MRT. Jurnal Ekobis:Ekonomi,Bisnis Manajemen Volume 9, Nomer 2 , 124-131.
Fahra Destarini, B. P. (2020). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen 212 mart condet batu ampar. Jurnal Ekobis:Ekonomi,Bisnis Manajemen volume 10 nomer 1 (2020), 58-66.
Hidayat, D. S. (2014). Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry Di Surabaya. 1-13.
Nur Dianah, H. W. (2017). Pengeruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi Serta Dampaknya pada kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Vol 7, No 1 , 16-26.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA - Vol.IV, No 2 September 2017 ISSN : 2252-5483, 69.
Pradana, D. M. (2017). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Surabaya. 1-12.
Achmad Rafif Sjam, A. L. (2018). pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone studi pada pengguna smartphone asus zenfone 5 di surabaya. jurnal ilmu manajemen volume 6 nomer 1 jurusan manajemen falkultas universitas negeri surabaya, 1-7.
Ahmad Surya Gunawan, W. H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Huawei Studi Pada Mahasiswa Universitas DiPonogoro Dan Universitas Negeri Semarang. 1-10.
Amstrong, K. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Andi S Tarigan, Z. S. (2019). pengaruh harga dan brand trust terhadap keputusan pembelian oppo smartphone (studi kasus pada oppo store,sinergy celular medan. jurnal plans penelitian ilmu manajemen & bisnis vol 14 no. 1 mei 2019 ISSN:1978-7057 E-ISSN:2527 - 306X, 17-21.
Aninda Cynthia Budianti, A. L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Redmi 1S (Studi Pada Pengunjung WTC Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomer 1 Jurusan Manajemen Fakultsa Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 1-9.
Cahya, E. (2015). Pengaruh Kualitgas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 3 No.2.
Dungo aryaty L.G, A. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek (Brand image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series J Studi Kasus Pada Konsumen Samsung Galaxy Series J Di Kota Semarang.
Erisa Deliyani, B. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada penumpang MRT. Jurnal Ekobis:Ekonomi,Bisnis Manajemen Volume 9, Nomer 2 , 124-131.
Fahra Destarini, B. P. (2020). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen 212 mart condet batu ampar. Jurnal Ekobis:Ekonomi,Bisnis Manajemen volume 10 nomer 1 (2020), 58-66.
Hidayat, D. S. (2014). Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry Di Surabaya. 1-13.
Nur Dianah, H. W. (2017). Pengeruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi Serta Dampaknya pada kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Vol 7, No 1 , 16-26.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA - Vol.IV, No 2 September 2017 ISSN : 2252-5483, 69.
Pradana, D. M. (2017). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Surabaya. 1-12.
Siregar, Z. (2013). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis Vol. VIII No. 2 September 2013, 44-49.
Tri Wijayani, B. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan brand Image terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ekobis:Ekonomi,Bisnis Manajemen.
Wati, L. N. (2018). Metodologi Penelitian Terapan. Bekasi Barat: Pustaka Amri.