KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM DI JAKARTA
(STUDI KASUS PEMBELIAN MELALUI TOKOPEDIA)
Abstract
This study aims to determine the effect of Product Quality on Consumer Buying Interest. This research used a quantitative approach, with data collection techniques using a questionnaire. In this study, the research tests of validity, reliability, correlation analysis, descriptive analysis, simple linear regression, t-test and coefficient of determination were applied. The results showed that the proposed hypothesis was accepted because it showed positive and significant hypothesis test results. The results of this study indicate that the Product Quality has a significant effect on Buying Interest. The contribution of the independent variable (Product Quality) to the dependent variable (Buying Interest) is 72.6%.
Keywords: Product Quality, Consumer Buying Interest, Tokopedia
Downloads
References
Arianty, Nel. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(2), 144-150
Cooper and Schindler. (2011). Business research methods. 11th edition. New York: McGraw Hill Companies.
Gunawan, Robby. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Konsumen umkm ikan Lele Di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau. Yogyakarta: UNY
Haqiqi, N & Adji, W H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan konsumen Konsumen Di Perkebunan Sayuran Andritani Farm Kabupaten Cianjur, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 717-729.
Karundeng, Nikita, dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan konsumen Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 83-90.
Kotler, Philip dan Keller, K. Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, K. Lane. (2012). Pemasaran Marketing Edisi 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Nasution, M. Nur. (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia
Purnama, N. I., dan Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 174–181
Saekoko, A. N., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Journal of Management Small and Medium Entreprises (SME’s), 11(1), 49-64.
Satria, Adi Arief., (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 2(2), 45-53.
Savitri, Citra dan Anggela, Flora Patricia. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pt. xxx. Buana ilmu, 4(2), 234-252.
Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L,. (2007). Consumer Behavior, New Jersey: PerasonPrestice Hall
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif., Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta
Sulistiani, Sinta. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Produk Hydro Coco Pt Kalbe Farma. Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis 2(1), 18-28.
Ta’arufi, Ulyatut dan Yamit, Zulian. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi, Pelayanan Rail Ticketing System (Rts) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pt.Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta. Yogyakarta: UII
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ummu Habibah Sumiati. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 31-48.
Wibisaputra, Aditzya. 2011. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan konsumen Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang)”. Semarang: Universitas Diponegoro