ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN GUPPY PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SOLO RAYA

  • Achmad Dahlan(1*)
    Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Andri Nur Tantiono(2)
    Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Purchase Decision, Psychological Factors, Price, Service Quality

Abstract

This study aims to determine whether the independent variables, namely psychological factors, price, and service quality, affect the dependent variable Purchase Decision of Guppies during the COVID-19 pandemic in Solo Raya. This research includes correlational quantitative research, using 97 respondents from consumers who had bought Guppies in Solo Raya. This research uses a multiple linear regression analysis technique. The results of this study concluded that psychological factors, price, and service quality simultaneously affect purchase decisions. Partially, psychological factors and service quality influence purchase decisions, while price does not influence purchasing decisions.

Keywords: Purchase Decision; Psychological Factors;  Price;  Service Quality

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, R., Masithoh, S., & Yoesdiarti, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ikan Hias Air Tawar di Wilayah Bogor. Jurnal AgribiSains Vol. VIII No. 1.

Ardini, M., Gustiana C., & Anzitha, S. (2022). Analisis Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Bandeng (Chanos chanos) Di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 2 No. 11.

Bahari, A. F. & Muhammad A. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen Ide, Inspirasi (MINDS): Vol.5, No.1, Hal. 69-78.

Destian, S. (2017). Pengaruh Perilaku Konsumen (Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis) Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Modifikasi.com Di Kota Bandung. e-Proceeding of Management : Vol. 4, No. 3, 2434.

Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Enterprises (SME's), 10(3), 299-310.

Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas' adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464-472.

Gunarsih, C. M., J.A.F Kalangi & Tamengkel, L.F. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity: Vol.2, No.1, Hal.69-72.

Heliawan, Y. A. & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Si Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi dan Pajak 18(02), 174-180.

Irwan, A. M. (2019). Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2, 164-76.

Kotler. (2000). Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc. New Jersey.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniawan, D. & Widajanti, E. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Djarum Super Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 No. 3, 354-366.

Lamb. (2001). Pemasaran. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi Vol. 01 No. 01, 57-66.

Merentek, Y. F., Lapian, J. & Soegoto, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 5. No 3.

Moenir. (2005). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moy, R. J., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2-Jun), 161-173.

Nugroho, A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Polla, F. C., Mananeke, L. & Taroreh, R.N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan SEA. Jurnal EMBA Vol. 6 No. 4, 3068-3077.

Santoso, D.T.T & Purwanti, E.(2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam memilih Produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab.Semarang. Among Makarti: Vol.6 No.12, Hal.112-129.

Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Remaja Rosdkarya.

Raharja, S. W., Arifin. Z. dan Wilopo. (2017). Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada PT. Winnertech Lintas Nusa). Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Simamora. (2003). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyu, A. W. (2020). Budidaya Ikan Guppy di Soloraya Meningkat Saat Pandemi Covid 19.
https://www.google.com/amp/s/daerah.sindonews.com/newsread/163134/707/budidaya-ikan- guppy-di-soloraya-meningkat-saat-pandemi-covid-19-1599988176 Diakses pada 10 Oktober 2022
https://agroindonesia.co.id/guppy-skala-rumahan-omzet-jutaan/ Diakses pada 27 Desember 2022

PlumX Metrics

Published
2023-11-01
How to Cite
Dahlan, A., & Tantiono, A. (2023). ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN GUPPY PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SOLO RAYA. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(3), 571-581. https://doi.org/10.35508/jom.v16i3.8882

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.