PELATIHAN PEMANDU ASTROWISATA DAN PENCARIAN LOKASI PENGAMATAN DALAM RANGKA PERSIAPAN MENGHADAPI GERHANA MATAHARI 202

ASTROTOURISM GUIDE TRAINING AND SEARCH FOR OBSERVATION LOCATIONS IN PREPARATION FOR THE 2023 SOLAR ECLIPSE

  • Chatief Kunjaya(1*)
    Prodi Astronomi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung
  • Zadrach Ledoufij Dupe(2)
    UPT Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Institut Teknologi Sumatera
  • Edi Riawan(3)
    Prodi Meteorologi, FITB, Institut Teknologi Bandung
  • Rahel Drupadi Chandepanembrama(4)
    Prodi Astronomi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung
  • Fachri Andeaf Ramadhan(5)
    Prodi Astronomi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung
  • Nida Azkiya(6)
    Prodi Meteorologi, FITB, Institut Teknologi Bandung
  • Mohammad Fa’iq Tarikh(7)
    Prodi Meteorologi, FITB, Institut Teknologi Bandung
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Astrowisata, Gerhana Matahari, Polusi Cahaya, Pulau Sabu

Abstract

Pulau Sabu merupakan daerah yang memiliki jumlah hari cerah yang terbanyak di Indonesia dengan langit yang bersih minim polusi cahaya. Di lokasi seperti itu sangat baik untuk dikembangkan astrowisata, karena harapan cuaca cerahnya tinggi sehingga harapan suksesnya penyelenggaraan suatu event astrowisata juga tinggi. Gerhana Matahari 20 April 2023 yang melalui wilayah Indonesia Timur merupakan suatu fenomena yang dapat dimanfaatkan untuk membuat event astrowisata. Untuk mempersiapkan event tersebut dilaksanakanlah pelatihan bagi calon pemandu wisata dan pencarian lokasi terbaik untuk menyelenggarakan event pengamatan gerhana matahari untuk turis dan masyarakat setempat. Tujuan pelatihan calon pemandu itu adalah agar pulau Sabu memiliki orang-orang yang cukup mampu mendampingi masyarakat dan wisatawan dalam mengamati gerhana matahari dengan cara yang baik dan aman. Pemilihan lokasi diperlukan agar masyarakat dan wisatawan dalam jumlah cukup banyak dapat mengamati gerhana bersama-sama di tempat yang memiliki medan dan arah pandang yang baik ke arah Matahari selama gerhana berlangsung. Pelatihan telah dilaksanakan dengan peserta para siswa sekolah menengah, guru dan staf dinas pariwisata kabupaten Sabu Raijua. Dari beberapa lokasi yang disurvey, diperoleh lokasi terbaik pengamatan Gerhana Matahari adalah taman doa Skyber.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-06-15
How to Cite
Kunjaya, C., Dupe, Z., Riawan, E., Chandepanembrama, R., Ramadhan, F., Azkiya, N., & Tarikh, M. (2023). PELATIHAN PEMANDU ASTROWISATA DAN PENCARIAN LOKASI PENGAMATAN DALAM RANGKA PERSIAPAN MENGHADAPI GERHANA MATAHARI 202. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7-16. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/11550
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.