INTRODUKSI PUPUK ORGANIK CAIR BAGI MASYARAKAT DI KELURAHAN FATUKBOT KABUPATEN BELU

INTRODUCTION OF LIQUID ORGANIC FERTILIZER FOR THE COMMUNITY IN FATUKBOT VILLAGE, BELU DISTRICT

  • Vinsensius M. Ati(1*)
    Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Suliha N. I. Neonufa(2)
    Program Studi Teknik Arsitek, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: pupuk organik cair, Fatukbot, bonggol pisang

Abstract

Masyarakat Kelurahan Fatukbot belum memahami teknologi pembuatan pupuk organik cair (POC).  Teknologi ini sederhana, murah, mudah diaplikasi dan dapat menggunakan bahan yang tersedia di masyarakat seperti bonggol pisang dan limbah sayur-sayuran. Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, demonstrasi dan praktek. Evaluasi dilakukan terhadap program, hasil dan dampak. Program berhasil sangat baik, peserta menjadi paham dan menguasai materi, termotivasi, dan terampil. Produk POC dari bonggol pisang tidak berbau busuk, tidak berlendir, ada aroma gula dan berwarna kuning kecokelatan sedangkan POC dari hijauan berwarna hijau pekat dan beraroma menyengat sehingga peserta kurang meminati. Kandungan N-total, P2O5, K2O dan nilai pH dari POC bonggol pisang dan hijauan secara berurutan 2,05% dan 2,17; 0,92% dan 0,99%; 0,87% dan 0,89%; 5,07 dan 4,84. Kegiatan berdampak positif karena kelompok tani dan petugas PPL berhasil menyusun rencana tindak lanjut pembuatan POC dan membangkitkan ide penelitian bagi petugas PPL yang akan menyelesaikan skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-06-15
How to Cite
Ati, V., & Neonufa, S. (2024). INTRODUKSI PUPUK ORGANIK CAIR BAGI MASYARAKAT DI KELURAHAN FATUKBOT KABUPATEN BELU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 23-32. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/16862
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.