PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN DI DUSUN BONEN DESA BAUMATA KABUPATEN KUPANG
ENVIRONMENTALLY BASED MATHEMATICS LEARNING IN BONEN HAMLET, BAUMATA VILLAGE, KUPANG DISTRICT
Abstract
Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disukai anak. Matematika dianggap sebagai objek abstrak yang sulit dipahami. Perkembangan intelektual siswa SD (Sekolah Dasar) termasuk dalam tahap operasional kongkret. Mereka berpikir berdasarkan manipulasi fisik dari obyek-obyek. Untuk mengatasi masalah yang ada di sekolah, dilakukan pembelajaran matematika berbasis lingkungan. Pembelajaran ini memanfaatkan alat-alat/media yang ada di sekitar sekolah. Sasaran kegiatan ini adalah siswa SDI Bonen yang terdiri dari 17 orang Kelas IV dan 12 orang kelas V. Tujuan penerapan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa serta kompetensi guru terhadap pelajaran matematika. Pelaksanaan PKM meliputi: Penjelasan tentang konsep dasar matematika, diskusi, dan praktik menggunakan alat-alat di lingkungan sekolah. Strategi permainan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias mengikutinya. Wawancara dengan guru dan siswa memperlihatkan siswa lebih mudah memahami konsep setelah pembelajaran menggunakan metode permainan dengan menggunakan alat-alat di sekitar sekolah. Peningkatan pemahaman ini terlihat dalam hasil post test yang menunjukkan perbedaan rata-rata pre tes dan post test. Pembelajaran berbasis lingkungan sangat baik diterapkan pada siswa Sekolah Dasar sebagai upaya mengefektifkan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika.