PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN DI DUSUN BONEN DESA BAUMATA KABUPATEN KUPANG

ENVIRONMENTALLY BASED MATHEMATICS LEARNING IN BONEN HAMLET, BAUMATA VILLAGE, KUPANG DISTRICT

  • Astri Atti(1*)
    Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Maria A. Kleden(2)
    Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Robertus Dole Guntur(3)
    Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Matematika, Berbasis Lingkungan, SDI Bonen

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang  kurang disukai anak. Matematika dianggap sebagai objek abstrak yang sulit dipahami. Perkembangan intelektual siswa SD (Sekolah Dasar) termasuk dalam tahap operasional kongkret. Mereka berpikir berdasarkan manipulasi fisik dari obyek-obyek. Untuk mengatasi masalah yang ada di sekolah, dilakukan pembelajaran matematika berbasis lingkungan. Pembelajaran ini memanfaatkan alat-alat/media yang ada di sekitar sekolah.  Sasaran kegiatan ini adalah siswa SDI Bonen yang terdiri dari 17 orang Kelas IV dan 12 orang kelas V. Tujuan penerapan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa serta kompetensi guru terhadap pelajaran matematika. Pelaksanaan PKM meliputi: Penjelasan tentang konsep dasar matematika, diskusi, dan praktik menggunakan alat-alat di lingkungan sekolah. Strategi permainan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias mengikutinya. Wawancara dengan guru  dan siswa memperlihatkan siswa lebih mudah memahami konsep setelah pembelajaran menggunakan metode permainan dengan menggunakan alat-alat di sekitar sekolah. Peningkatan pemahaman ini terlihat dalam hasil post test yang menunjukkan perbedaan rata-rata pre tes dan post test. Pembelajaran berbasis lingkungan sangat baik diterapkan pada siswa Sekolah Dasar sebagai upaya mengefektifkan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-15
How to Cite
Atti, A., Kleden, M., & Guntur, R. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN DI DUSUN BONEN DESA BAUMATA KABUPATEN KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 14-20. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/14211
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.