PEMBUATAN DAN PEMASANGAN INSTALASI BIOGAS DARI KOTORAN TERNAK DESA DAFALA KECAMATAN TASI FETO TIMUR KABUPATEN BELU

MANUFACTURING AND INSTALLATION OF BIOGAS FROM LIVESTOCK MANURE IN DAFALA VILLAGE, TASI FETO EAST DISTRICT, BELU REGENCY

  • Woro Sundari(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Ika Fitri Krisnasiwi(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Biodigester, biogas, fermentasi, kotoran sapi, limbah, mikrooganisme, semi kontinyu, Dafala

Abstract

Di desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Kabupaten Belu, masyarakat di desa hidup bertani dan berternak sapi. Terutama pada masyarakat yang berternak sapi, mereka mempunyai kendala dalam pembuangan limbah kotoran sapi, karena banyak limbah yang dihasilkan, sehingga kebanyakan mereka membuang limbah di sembarangan tempat dan belum dimanfaatkan secara optimal. Limbahnya banyak terbuang sehingga menimbulkan bau tidak sedap yang bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia dan hewan. Untuk mengatasi buangan limbah kotoran sapi tersebut, maka limbah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan, salah satunya adalah biogas. Biogas yang dihasilkan nanti akan dimanfaatkan oleh masyarakat di desa Dafala untuk keperluan masak di dapur. Biogas adalah merupakan salah satu bioenergi yang dihasilkan melalui proses fermentasi biomassa dengan bantuan aktifitas mikroorganisme. Proses fermentasi dalam pembentukan biogas dilakukan dalam biodigester dengan mengumpankan limbah kotoran sapi dan dicampur dengan air dengan komposisi tertentu. Proses fermentasi umumnya memerlukan waktu cukup lama sekitar 14-21 hari untuk menghasilkan biogas., Hasil luaran dihasilkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah berupa alat biodigester dan biogas atau digester.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-06-15
How to Cite
Sundari, W., & Krisnasiwi, I. (2023). PEMBUATAN DAN PEMASANGAN INSTALASI BIOGAS DARI KOTORAN TERNAK DESA DAFALA KECAMATAN TASI FETO TIMUR KABUPATEN BELU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47-53. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/11556
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.