PENGENALAN APLIKASI AKUNTANSI IPOS BAGI UMKM GUSTI KARYA KUPANG

INTRODUCTION OF IPOS ACCOUNTING APPLICATION FOR UMKM GUSTI KARYA KUPANG

  • Nursalim Nursalim(1*)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Wellem F. Galla(2)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Sudirman S.(3)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Sri Kurniati(4)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: UMKM, Meubelair, Laporan Keuangan, Ipos

Abstract

Sistem pelaporan dan manajemen keuangan sangat penting untuk bisnis apa pun, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Mengumpulkan bukti transaksi untuk mencatat transaksi, menyiapkan buku besar untuk setiap akun, melakukan penyesuaian pada setiap akhir bulan atau periode, dan akhirnya menghasilkan saldo akhir untuk tujuan laporan keuangan adalah langkah-langkah dalam proses penyusunan laporan keuangan. Teknologi yang terus berkembang berdampak pada prosedur perusahaan yang sudah mapan. Banyak UKM yang saat ini melakukan transisi dari pencatatan keuangan berbasis kertas ke pencatatan keuangan digital dengan bantuan software akuntansi. Program Ipos Professional Store adalah salah satu pilihan perangkat lunak akuntansi, dan ini adalah program toko kasir yang kuat dengan harga murah, mudah dipelajari, dan mudah digunakan. UKM Gusti Karya bergerak di bidang pembuatan kursi, lemari, pintu, dan perabot rumah tangga lainnya. UKM Gusti Karya telah menggunakan Microsoft Excel untuk mengelola administrasi keuangan mereka. UKM Gusti Karya sebelumnya menggunakan sistem akuntansi yang berbeda, namun seiring perkembangan teknologi, mereka meng-upgrade ke ipos. PKM ini bertujuan untuk membiasakan UKM dengan software akuntansi profesional ipos, menjelaskan langkah-langkah yang terlibat dalam pembuatan laporan keuangan, menyebutkan berbagai jenis laporan, dan merinci bagaimana setiap laporan disusun.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-15
How to Cite
Nursalim, N., Galla, W., S., S., & Kurniati, S. (2023). PENGENALAN APLIKASI AKUNTANSI IPOS BAGI UMKM GUSTI KARYA KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 33-39. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/14216
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.