PEMBUATAN KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA KAWASAN EKOWISATA PANTAI OESINA KABUPATEN KUPANG

FACILITIES AND INFRASTRUCTURE REQUIREMENT OESINA BEACH ECTOURISM AREA KUPANG DISTRICT

  • Roly Edyan(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Asrial Asrial(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Ketut M. Kuswara(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Andriana Deku(4)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: sarana dan prasarana, Ekowisata, Pantai Oesina

Abstract

Timbulnya minat pengunjung tidak semata-mata karena hanya keindahan wisatanya saja, melainkan fasilitas yang ada juga akan mempengeruhi. Wisatawan akan datang dan berkunjung kembali apabila tersedianya fasilitas-fasilitas yang dapat memenuhi segala kebutuhannya selama menikmati daya tarik wisata tersebut. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut juga diharapkan dapat membuat wisatawan merasa lebih nyaman dan tinggal lebih lama serta memberikan kesan yang baik tehadap daya tarik wisata yang dikunjunginya. Wisata Pantai Oesina memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan di antaranya Tempat berfoto, Area Parkir kendaraan,Mushola,Kamar mandi / MCK, Tempat pemancingan, Gazebo untuk bersantai. Tujuan di lakukan kegiatan ini adalah (1) untuk menciptakan kebesihan, kerapihan, dan keindahan di sekitar pantai Oesina (2) mengembangkan kreativitas dan peduli terhadap lingkungan. Dalam kegiatan ini melibatkan civitas akademika Progam Studi Pendidikan Teknik Bangunan terdiri dari staf Dosen, Pegawai dan Mahasiswa. Pelaksanaannya meliputi (1) menyediakan Menara Air bersih dan instalasi air bersih yang akan di salurkan ke kamar mandi/ MCK, (2) kegiatan bersih-bersih area sekita pantai Oesina, dan (3) kegiatan pemeliharaan yang merupakan tanggung jawab besama oleh aparat desa.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-15
How to Cite
Edyan, R., Asrial, A., Kuswara, K., & Deku, A. (2023). PEMBUATAN KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA KAWASAN EKOWISATA PANTAI OESINA KABUPATEN KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55-59. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/14225
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.