RANCANG BANGUN SISTEM HELPDESK PADA ICT CENTRE UNIVERSITAS NUSA CENDANA
HELPDESK SYSTEM DESIGN AT ICT CENTER NUSA CENDANA UNIVERSITY
Abstract
UPT TIK adalah sebuah unit kerja yang bekerja dibawah Universitas Nusa Cendana yang berfokus pada Teknologi Informasi dan administrasi mahasiswa. Untuk saat ini sudah terdapat proses bisnis yang telah terkomputerisasi, namun ada juga beberapa proses bisnis yang perlu dikomputerisasi. Salah satunya adalah komputerisasi sistem proses helpdesk yang masih dijalankan secara manual. Sistem helpdesk diperlukan untuk merekam semua catatan terkait keluhan dari berbagai unit kerja, dan juga aktivitas penanganan keluhan serta alur kerjanya di dalam unit kerja penanganan masalah UPT TIK Universitas Nusa Cendana. Untuk saat ini keluhan-keluhan yang disampaikan bersifat satu arah, sehingga sebagai pihak yang mengeluhkan suatu masalah akan sulit mendapat feedback, baik berupa progress penanganan, ataupun estimasi penanganan. Sistem ini dirancang dan dibangun menggunakan metode pendekatan waterfall dan tool yang digunakan ialah UML (Unified Modelling Language). Dengan adanya kegiatan penerapan ipteks ini diharapkan dapat membantu menjawab permasalahan yang dihadapi unit kerja penanganan masalah di Universitas Nusa Cendana.