RANCANG BANGUN SISTEM HELPDESK PADA ICT CENTRE UNIVERSITAS NUSA CENDANA

HELPDESK SYSTEM DESIGN AT ICT CENTER NUSA CENDANA UNIVERSITY

  • Derwin Rony Sina(1*)
    Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Kalvein Rantelobo(2)
    Unit Pelaksana Terpadu Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Nusa Cendana
  • Abath Timothy Alokamating(3)
    Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Vladimir Ivan Koroh(4)
    Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Alexander William Tagi Huma(5)
    Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sistem Informasi, Sistem Helpdesk, Pendekatan Waterfall, Unified Modelling Language

Abstract

UPT TIK adalah sebuah unit kerja yang bekerja dibawah Universitas Nusa Cendana yang berfokus pada Teknologi Informasi dan administrasi mahasiswa. Untuk saat ini sudah terdapat proses bisnis yang telah terkomputerisasi, namun ada juga beberapa proses bisnis yang perlu dikomputerisasi. Salah satunya adalah komputerisasi sistem proses helpdesk yang masih dijalankan secara manual. Sistem helpdesk diperlukan untuk merekam semua catatan terkait keluhan dari berbagai unit kerja, dan juga aktivitas penanganan keluhan serta alur kerjanya di dalam unit kerja penanganan masalah UPT TIK Universitas Nusa Cendana. Untuk saat ini keluhan-keluhan yang disampaikan bersifat satu arah, sehingga sebagai pihak yang mengeluhkan suatu masalah akan sulit mendapat feedback, baik berupa progress penanganan, ataupun estimasi penanganan. Sistem ini dirancang dan dibangun menggunakan metode pendekatan waterfall dan tool yang digunakan ialah UML (Unified Modelling Language). Dengan adanya kegiatan penerapan ipteks ini diharapkan dapat membantu menjawab permasalahan yang dihadapi unit kerja penanganan masalah di Universitas Nusa Cendana.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-12-15
How to Cite
Sina, D., Rantelobo, K., Alokamating, A., Koroh, V., & Tagi Huma, A. (2024). RANCANG BANGUN SISTEM HELPDESK PADA ICT CENTRE UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 22-29. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/20050
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.