PENERAPAN TEKNOLOGI POMPA HIDRAM UNTUK PENYIRAMAN TANAMAN SAYURAN DI DESA OELPUAH KAB. KUPANG

APPLICATION OF HYDRAM PUMP TECHNOLOGY FOR WATERING VEGETABLE PLANTS IN OELPUAH VILLAGE, KAB. KUPANG

  • Jani F. Mandala(1*)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Wellem F. Galla(2)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Frans J. Likadja(3)
    Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: elevasi, klep dan tabung kompresi, kebutuhan air

Abstract

Permasalahan ketersediaan air bagi lahan pertanian dapat diatasi dengan menggunakan mesin pompa berbahan bakar minyak atau mesin pompa listrik. Tetapi dalam operasionalnya adalah pada masalah biaya dan ketersediaan bahan bakar serta perawatan mesin. Solusi permasalahan ini yaitu penerapan teknologi pompa hidram bagi petani sayuran di Desa Oelpuah melalui peragaan pembuatan dan instalasinya. Pompa ini bekerja dengan memanfaatkan elevasi aliran air yang masuk ke pompa menjadi hidraulik kinetik bertekanan yang disebut sebagai palu air (water hammer) untuk menekan air ke permukaan yang lebih tinggi. Potensial air ini, akibat akselerasi dari klep penghubung dan klep buang yang mempengaruhi volume air dalam tabung tekan. Pompa hidram bekerja tidak menggunakan bahan bakar dan memiliki umur kerja yang lama. Pompa hidram dapat dibuat dengan mudah dan bahan atau komponennya mudah diperoleh. Teknologi pompa hidram yang diterapkan di kelompok tani memiliki tinggi pipa output 3 meter dengan debit air 300 ml/menit, sehingga selama 12 jam operasional dapat menghasilkan air sebanyak 216 liter. Jumlah air ini sudah mencukupi untuk kebutuhan air pada tanaman sayur untuk 350 tanaman yang hanya membutuhkan air sebanyak 175 liter/hari.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-12-15
How to Cite
Mandala, J., Galla, W., & Likadja, F. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI POMPA HIDRAM UNTUK PENYIRAMAN TANAMAN SAYURAN DI DESA OELPUAH KAB. KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 48-54. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/5928
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.