Analisis Hasil Belajar Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi Bloom dan mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi Bloom.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik pendekatan dekriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sulamu. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Subjek yang terpilih dalam wawancara sebanyak 6 siswa yang ditentukan berdasarkan kriteria tinggi, sedang, rendah dan masing-masing diambil 2 pengkriterian. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan tingkatan mengingat pada kriteria tinggi masuk kategori baik dan kategori cukup, kriteria sedang keduanya masuk kategori cukup, dan kriteria rendah masuk kategori cukup dan kategori kurang. Tingkatan memahami pada kriteria tinggi dan kriteria sedang keduanya masuk kategori baik, sedangkan kriteria rendah masuk kategori cukup dan kategori kurang. Tingkatan menerapkan pada kriteria tinggi keduanya masuk kategori baik, kriteria sedang masuk kategori baik dan cukup, dan kriteria rendah masuk kategori cukup dan kurang. Tingkatan menganalisis pada kriteria tinggi masuk kategori baik dan cukup, kriteria sedang masuk kategori baik dan kurang, dan kriteria rendah keduanya masuk kategori kurang. Tingkatan mengevaluasi pada kriteria tinggi keduanya masuk kategori baik, sedangkan kedua kriteria sedang dan kriteria rendah masuk kategori kurang. Tingkatan mencipta pada kriteria tinggi masuk kategori baik dan cukup, sedangkan kedua kriteria sedang dan kriteria rendah masuk kategori kurang. Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kurangnya ketelitian, kurangnya pemahaman siswa, kurangnya daya ingat, kurangnya minat dalam belajar matematika, kurangnya percaya diri, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kurangnya perhatian keluarga.
Kata kunci: Hasil Belajar, Ranah Kognitif, Revisi Taksonomi Bloom
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anderson, W. L, Krathwohl, & David R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2013). Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurukulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, A. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta Selatan: Rajawali Pers.
Artikel Jurnal:
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1.
Hapsari, E. (2017). Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas Unggulan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Domain Kognitif Pada Materi Pythagora. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Khasanah, S. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Pada implementasi Scintific Approach Dalam Pembelajaran Kimia Materi Koloid di Kelas XI IPA SMA/M. (Skripsi)
Rukayyah. (2017). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Lingkaran Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VIII MTs Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi Kabupaten Barru. (Skripsi). Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar.
Oktaviana, D., Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 8, Nomor 2, Tahun 2018.
Priyanto, Arif., Suharto, & Trapsilasiwi, R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Puthagoras berdasarkan Kategori Kesalahan Newmann di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa I(1): 1-5.
Rosdianah, Kartinah, & Muhtarom. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 1, Nomor 5.
Siagian. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Valume 2, Nomor
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.