Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Berpikir Aljabar ditinjau dari Jenjang Sekolah
Abstrak
Fakta di lapangan menunjukan bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki kemampuan yang rendah dalam pemecahan masalah matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain karena peserta didik tidak dibiasakan untuk berlatih memecahkan masalah matematika di kelas. Soal-soal yang diberikan kepada siswa hanya soal-soal yang lebih menekankan pada pelaksanaan prosedur dan kalkulasi. Penelitian dilaksankan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian yang dimaksud dilakukan pada tingkat akhir jenjang sekolah dasar dan pada tingkat awal sekolah menengah pertama. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi perbaikan dan perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara jenis penelitian ini adalah studi fenomenologis. Fenomenologi adalah studi yang menggambarkan apa yang seseorang terima, rasakan dan ketahui di dalam kesadarannya tentang pengalaman yang dialaminya. Dan apa yang muncul dari kesadaran itulah yang disebut sebagai fenomena. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI sekolah dasar dan kelas VII sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan terdapat persamaan dan perbedaan karakteristik kemampuan pemecahan masalah antara siswa pada level akhir jenjang sekolah dasar dengan siswa pada level awal jenjang sekolah menengah pertama.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hidayanto, E. (2013). Proses Berpikir Aritmatika dan Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional Aljabar Dan Pembelajarannya, UM, 173–177
Intaros, P., Inprasitha, M., & Srisawadi, N. (2014). Students ’ problem solving strategies in problem solving - mathematics classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4119–4123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.901
Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in the Early Grades : What Is It?. Mathematics Educator, 8(1), 139–151. https://doi.org/10.1080/13670050.2017.1323445
Kieran, C., Pang, J., Schifter, D., & Ng, S. F. (2016). Early Algebra, (March). https://doi.org/10.1007/978-3-319-32258-2
Kriegler, B. S. (1999). Just what is algebraic thinking ? California math council comunicator, 23(3), 32–35
Lenchner, G. (2005). Creative Problem Solving in School Mathematics. New South Wales: National Library of Australia
Nada, Y. H. et al. (2020). Characteristics of students ’ mathematical representation in solving algebraic thinking problems Characteristics of students ’ mathematical representation in solving algebraic thinking problems. Jurnal of Physics Conference Series. 1521, 6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032009
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
Polya, G. (1945). How to Solve it: a new aspect of mathematical method (2nd ed.). Princeton: Princeton University Press
Radford, L. (2018). The Emergence of Symbolic Algebraic Thinking in Primary School. Published In: C. Kieran (Ed.), Teaching and Learning Algebraic Thinking with 5- to 12- Year-Olds: The Global Evolution of an Emerging Field of Research and Practice (Pp. 3-25). New York: Springer., (January). https://doi.org/10.1007/978-3-319-68351-5
Samo, D. D., & Kartasasmita, B. (2017). Developing Contextual Mathematical Thinking Learning Model to Enhance Higher-Order Thinking Ability for Middle School Students. International Education Studies, 10(12), 17–29. https://doi.org/10.5539/ies.v10n12p17
Seeley, C. L. (2004). President ’ s Message A Journey in Algebraic Thinking. NCTM News Bulletin, (September), 2004
Sulak, S. (2010). Effect of problem solving strategies on problem solving achievement in primary school mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 468–472. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.182
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5, 148–158.
Woolley, K. E., Huang, T., & Rabinowitz, M. (2019). The effects of knowledge , strategies , and the interaction between the two in verbal analogy problem solving. Contemporary Educational Psychology, 56(December 2018), 91–105. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.12.003
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.