Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Blok Dienes Pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah
Abstract
This study aimed to determine whether the use of Dienes Block as learning media could increase students' mathematics learning outcomes. This research is classroom action research (CAR) which was conducted in 2 cycles. The research was conducted at SDN Bokong 2, Takari District, Kupang Regency in the odd semester of the 2022/2023 school year. The research subjects were 26 students of third grade and a teacher. Data collection instruments in this study included observation sheets, tests, and documentation. The results showed that the use of Dienes Block can improve the mathematics learning outcomes of third grade students of SDN Bokong 2 on the material of the addition operation of whole numbers. It is indicated by the increase and achievement of the minimum criteria for teacher activity, students’ activity, and mathematics learning outcomes of third grade students of SDN Bokong 2 after being taught using dienes block media. The percentage of students who reached the minimum completeness criteria (70) in cycle 2 was 88.5% with a classical average of 84.3. These results improved compared to the learning outcomes of cycle 1 where the percentage of students who reached the minimum completeness criteria was only 38% with a classical average of 69.2.
Downloads
References
Alawiyah, T. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Block Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ananda, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok Dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11.
Batubara, H. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dienes, Z. P. (2009). Brief Notes on Zoltan Diene’s Six- Stage Theory of Learning Mathematics. Tersedia di: http://www.zoltandienes.com. Diakses tanggal 22 Februari 2023.
Eliana, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Permainan Lompat Henti. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 90-99.
Kurino, Y. D. (2018). Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 56-65.
Melinda, T. R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampng Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. (Skripsi). Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri Metro.
Pada, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. PINISI: Journal of Teacher Professional, 3(1), 116-125.
Patmawati, N. (2018). Pengaruh Media Blok Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan Murid Kelas I SD Inpres Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 45-52.
Safitri, N. (2018). Efektivitas Media Balok Dienes Terhadap Kemampuan Penjumlahan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Anak Slow Learner Kelas II di SD N Gejayan. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(3), 238-248.
Sari, F. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Alesipitto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhmmadiyah Makassar.
Udil, P. A., & Sangur, L. F. (2020). Penggunaan Media Komik Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Lamba Leda. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 57-69.
Unaenah, E., Khofifaturrahmah, M., Padyah, Nurbaiti, L., Oktaviani M. N., Zahrotun N. S. (2020). Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Alat Peraga. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 117-124.
Yulastri. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Bilangan Cacah melalui Blok Dienes pada Siswa Kelas I SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 57-66.
Copyright (c) 2023 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.