Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Blok Dienes Pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah

  • Hermina Manek(1*)
    SD Negeri Bokong 2
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: bilangan cacah, blok dienes, hasil belajar, matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Blok Dienes pada materi operasi penjumlahan bilangan cacah. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan di SDN Bokong 2 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III berjumlah 26 orang. Instrumen pengumulan data dalam penelitian ini antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media blok dienes dapat meningkatakan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Bokong 2 pada materi operasi penjumlahan bilangan cacah. Hal ini tergambar dari adanya peningkatan dan tercapainya kriteria minimal aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Bokong 2 setelah dibelajarkan dengan menggunakan media blok dienes. Persentase siswa yang mencapai KKM (70) di siklus 2 adalah 88,5% dengan rata-rata klasikal mencapai 84,3. Hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil belajar siklus 1 dimana persentase siswa yang mencapai KKM hanya 38% dengan rata-rata klasikal sebesar 69,2.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alawiyah, T. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Block Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ananda, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok Dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11.

Batubara, H. H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dienes, Z. P. (2009). Brief Notes on Zoltan Diene’s Six- Stage Theory of Learning Mathematics. Tersedia di: http://www.zoltandienes.com. Diakses tanggal 22 Februari 2023.

Eliana, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Permainan Lompat Henti. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 90-99.

Kurino, Y. D. (2018). Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 56-65.

Melinda, T. R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampng Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. (Skripsi). Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri Metro.

Pada, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. PINISI: Journal of Teacher Professional, 3(1), 116-125.

Patmawati, N. (2018). Pengaruh Media Blok Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan Murid Kelas I SD Inpres Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 45-52.

Safitri, N. (2018). Efektivitas Media Balok Dienes Terhadap Kemampuan Penjumlahan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Anak Slow Learner Kelas II di SD N Gejayan. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(3), 238-248.

Sari, F. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Alesipitto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhmmadiyah Makassar.

Udil, P. A., & Sangur, L. F. (2020). Penggunaan Media Komik Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Lamba Leda. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 57-69.

Unaenah, E., Khofifaturrahmah, M., Padyah, Nurbaiti, L., Oktaviani M. N., Zahrotun N. S. (2020). Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Alat Peraga. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 117-124.

Yulastri. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Bilangan Cacah melalui Blok Dienes pada Siswa Kelas I SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 57-66.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2023-05-04
Bagian
Articles