Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Plus Noelbaki Pada Materi Relasi dan Fungsi
Abstract
This research was motivated by the low learning outcomes of students at SMP Reformasi Plus Noelbaki and the deficient of teacher creativity to design learning related to learning models and media that are appropriate to students' conditions. Therefore, this study aims to improve the learning outcomes of class VIII students of SMP Reformasi Plus Noelbaki in relation and function material through the application of the Problem Based Learning model assisted by video animation. This type of research is classroom action research which is carried out in two cycles and consists of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques in this study were observation, tests, and documentation with the research instruments being test questions and observation sheets. Data analysis techniques are descriptive qualitative and quantitative. The results showed an increase in cycle I to cycle II, that were learning outcomes increased by 38.09% to 90.48%. The implementation of teacher observation increased from 66.67% to 78.82%. The results of observations on student activities increased from 62.5% in cycle I to 83.03% in cycle II. So that, it can be concluded that student learning outcomes increased after the implementation of the Problem Based Learning model assisted by animated videos at SMP Reformasi Plus Noelbaki
Downloads
References
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyarti, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 215-221.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Dominikus, W. S., Nubatonis, O. E., Udil, P. A., & Blegur, I. K. S. (2023). Exploration of the weaving activities in Timor Island for mathematics learning. Ethnomathematics Journal, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.21831/ej.v4i1.58473
Hanum, F. D. & Mukti, T. S. (2022). Strategi Pembelajaran Heuristik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Unggulan Al-Yasini Pasuruan. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 25-31.
Khoiriyah, S., Qonita, S. H., Lestrari, M., Rantika, T. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81-88bb.
Midiyanto, V. F. F. & Hunaifi, A. A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran 2022. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68.
Puspitasari, I. A., Azainil, Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Mulawarman.
Risdiany, et.al., (2022). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Materi Keberagaman. Journal on Education, 05(01,) 726-734.
Sitorus, Y. I. & Sutirna. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Program Linier. MAJU, 8(1), 282-290.
Tirka, W. & Kusamawati, N. M. (2017). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(1), 86-95.
Udil, P. A. (2023). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Bagi Guru SDN Bokong 2. Community Development Journal, 4(2), 3843-3849.
Udil, P. A., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2017). Profile of mathematics anxiety of 7th graders. AIP Conference Proceedings 1868, 050017 (2017); doi: 10.1063/1.4995144
Wahyuni, S. (2023). Penerapan model problem based learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal inovasi pendidikan matematika 3.
Windarti, M. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Klaten Tahun Pembelajaran 2021/2022. Universitas Widya Dharma.
Copyright (c) 2023 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.