Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) Materi KPK dan FPB pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Class IV students have difficulty understanding mathematics lessons, one of these difficulties is in the KPK and FPB material. This happens because students do not master the basics of mathematics such as addition, subtraction, multiplication and division, and students are still confused about determining the results of the KPK and FPB. Therefore, there needs to be improvements in learning. So teachers and students must play an active role in the learning process. To increase the effectiveness of students, they must use appropriate learning media, one of which is the Musi Board (Multi Function). This research uses a descriptive method with a qualitative approach and observation. The subjects of this research were teachers and students at MI Miftahul Huda II, Palangka Raya City. Based on the results of research conducted, the use of Musi Board media makes students happy and active in teaching and learning activities.
Downloads
References
Herawati, T., Gaol, L., Sinaga, R., Sitepu, A., & Mahulae, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Multi Fungsi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Medan, 06(01), 4309–4317.
Jamaludin, U., Pribadi, A. R., & Aini, Q. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Akar Pangkat Dua (PAKATA) di Kelas V SDN Karyajaya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3098–3110.
Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476
Maryani, U. S., Bistari, B., Halidjah, S., Kartono, K., & Pranata, R. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing pada Materi FPB dan KPK Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 475–491. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3005
Mufidah, N. A., & Amir, M. F. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Dakonmatika Berbasis Teknologi Visual. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(02), 99–107. Diambil dari http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 317–328. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasari, L. (2021). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga dan Permainan Matematika dari Barang Bekas untuk Menciptakan Matematika yang Menyenangkan bagi Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.244
Rahmayanti, N., Yonanda, D. A., & Kurino, Y. D. (2021). Penggunaan Media Papan Musi ( Multifungsi ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 118–122.
Ramdhania, S., Nisa’, S., Istiqfaroh, N., & Syaria, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Materi FPB & KPK melalui Media Pembelajaran Papan Musi pada Siswa Kelas IV di SDN Damarsih Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(3), 205. https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i3.32444
Sari, L. Y., Subekti, E. E., & Wardana, Y. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Jurnal Sekolah PGSD, 21(1), 1–9. Diambil dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Siregar, L. F., & Hasanah, H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Papan Musi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi KPK Dan FPB di Kelas V SD Negeri 064986 Medan Amplas. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(2), 191–198. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1909
Subkan, A., & Winarno, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Powtoon di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahut Thulab Brambang Karangawen. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 178–194. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.6129
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, T. Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 1–23.
Tazkiah, D., & Unaenah, E. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Dengan Pendekatan Rme Kelas 4 Sekolah Dasar National Global School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5118–5124.
Copyright (c) 2023 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.