Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah di Kabupaten Kupang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengukur level literasi matematika siswa sekolah menengah di Kabupaten Kupang, dan 2) mengetahui perbedaan literasi matematika siswa sekolah menengah di Kabupaten Kupang ditinjau dari perbedaan gender, kemampuan matematika, dan status sosial ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA/K Kelas X di Kabupaten Kupang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan pemilihan sampel dalam tiap cluster sebanyak 1 kelas untuk sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) soal tes literasi matematika yang diambil dari soal tes PISA tahun 2006 dan 2012 yang terdiri dari 12 soal dengan konten change and relationship, shape and space, quantity, uncertainty, dan (2) angket latar belakang siswa yang berisi biodata siswa, keluarga, sekolah, pengalaman belajar matematika di sekolah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji Mann Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukan level literasi siswa berada pada level sedang (6,7%), level rendah (76,7%), dan sangat rendah (16,7%). Tidak terdapat perbedaan literasi matematika siswa yang signifikan berdasarkan tinjauan perbedaaan gender dan perbedaan status sosial ekonomi, serta terdapat perbedaan literasi matematika siswa yang signifikan berdasarkan tinjauan kemampuan matematika
Downloads
References
Çetin, Sevda and Gök, B. (2017). Modeling the Factors Affecting Students’ Mathematical Literacy Scores: The Case of PISA 2012. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi (H. U. Journal of Education), 32(4), 982–998.
Guvendir, M. (2017). Determination of the Relationship between the Students ’ “ Mathematical Literacy ” and “ Home and School Educational Resources ” in Program for International Student Assessment - ( PISA 2012 ) Uluslararası Öğrenci Değerlendirme Programında Öğrencilerin Ma, 13(1), 94–109.
İs, C. (2003). A cross-cultural comparison of factors affecting mathematical literacy of students in programme for international student assessment (PISA). The Middle East Technical University.
Lailiyah, S. (2017). Mathematical literacy skills of students ’ in term of gender differences Mathematical Literacy Skills of Students ’ In Term of Gender Differences. AIP Conference Proceedings 1868, 050019, 050019(August). https://doi.org/10.1063/1.4995146
Lara-porras, A. M., Rueda-garcía, M. M., & Molina-muñoz, D. (2019). Identifying the factors influencing mathematical literacy in several Spanish regions, 39(2), 1–13.
Mutia & Nia, E. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 137–148. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
OECD. (2018a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
OECD. (2018b). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA (Vol. I). OECD Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pakpahan, R. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI CAPAIAN LITERASI MATEMATIKA SISWA INDONESIA DALAM PISA 2012 FACTORS AFFECTING LITERACY MATHEMATICS ACHIEVEMENT OF INDONESIAN STUDENT IN PISA 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 331–347.
Prabawati, M., & Herman, T. (2019). Mathematical literacy skills students of the junior high school in term of gender differences Mathematical literacy skills students of the junior high school in term of gender differences. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1315, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012084
Rifai & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul Mathematical Literacy of State Junior Secondary School Students in Bantul Regency. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 152–162.
Rosalia, Sari & Wijaya, A. (2017). Mathematical Literacy of Senior High School Students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4, 4(1), 100–107.
Rusdi. (2016). The analysis of students’ mathematics literacy in smp negeri bukittinggi as a reflection of preparation to face globalization era of the 21. Proceeding International Seminar on Education 2016, 343–360.
Simon, M. A. (2016). Explicating mathematical concept and mathematical conception as theoretical constructs for mathematics education research. Educational Studies in Mathematics, (1989). https://doi.org/10.1007/s10649-016-9728-1
Copyright (c) 2020 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.