Studi Fenomenologi: Problematika Mahasiswa Asing Belajar Statistika di Perguruan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematika mahasiswa asing belajar statistika pada perguruan tinggi di Indonesia dan penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket bebas, teknik wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah lima mahasiswa asing penerima beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang scholarships) pada salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan mencari subtema, kemudian menentukan hubungan antar subtema untuk memperoleh pemahaman. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: pertama, mahasiswa sulit belajar Stastika karena bahasa pengantar yang digunakan. Kedua mahasiswa sulit belajar Stastika karena ketersediaan prior knowledge yang tidak memadai. Ketiga, mahasiswa sulit belajar statistika karena teknik penyajian materi yang digunakan ketika perkuliahan
Downloads
References
Blegur, I. K. S., Oktaviani, N., & Retnowati E. (2017). Apakah strategi goal-free dapat memfasilitasi literasi matematika siswa?. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2011: Membudayakan Liiterasii Matematiika dii Era Digital, 359-364. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Bogdan, R.C., & Biklen, K. S. (1982), Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London.
Creswell, J.W. (2015).Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : memilih di antara lima pendekatan (Edisi 3, terjemahan). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Creswell, J.W. (2016). Research Design: pendekatan metode Kualitatif, Kuantitaif dan campuran (terjemahan). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Demitra. 2013. Pengembangan Modul Statistika Dasar Untuk Mahasiswa. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema ” Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik" Di Jurusan Pendidikan Matematika Fmipa Uny, 9 November.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligence. New York: Basic Book, Inc.
Gunawan, M.A. & Fitri, A. 2013. Faktor-faktor Kesulitan Belajar dan Dampkanya terhadap motivasi berprestasi pada Mata Kuliah Statistika Matematika I. δelta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan. 1(2) : 115-199. Retrieved from http://www.unikal.ac.id/Journal/index.php/delta
Kalyuga, S. (2009a). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. United Kingdom: IGI Global
KNB Scholarship Program. (23 Mei 2016). International Office Sebelas Maret University. Tersedia di http://io.uns.ac.id/knb-scholarship-program/. Diakses Pada Tanggal 20 September 2020
Paas, F., Renkl, A., & Sweller, J. (2004). Cognitive load theory: Instructional implications of the interaction between information structures and cognitive architecture. Instructional Science, 32(1-2), 1-8. Doi: 10.1023/B:TRUC.0000021806.17516.d0
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing
Retnowati, E. (2008). Keterbatasan memori dan implikasinya dalam mendesain metode pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Jurdik Matematika FMIPA UNY.
Retnowati, E. (2016). Faded example as a tool to acuire and automate mathematics knowledge. International Conference on Mathematics, Science, and Education.
Rosmiyati & Afrahamiryano. 2015. Analisis Kesulitan Mahasiswa Jurusan PMIPA Dalam Pengelolahan Data Statistik. Lemma : Research Of Mathemathic Education. 1(2) : 52-56. Doi : 10.22202/jl.v1i2.537
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory. New York, NY: Springer
Ulpah, M. 2009. Belajar Statistika : Mengapa dan Bagaimana?. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Insania 14 (3) : 325-435. Retrieved from http://www. download.portalgaruda.org.
Wahyuni, S. & Junaidi. 2008. Pengembangan Modul Pembelajaran Statistika Untuk Mahasiswa Program Bahasa. Media Penelitian Pendidikan. 4(1) : 1-102
Walpole, Ronald E. 1995. Pengantar Statistika Edisi ke-3. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Copyright (c) 2020 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.