Penerapan Metode Fuzzy Service Quality (Servqual) untuk Mengukur Kepuasan Pelayanan Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana

  • Folfardus Falmon(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Dalam menjalankan pelayanan pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana belum mengetahui bagaimana penilaian mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan, sistem yang berjalan selama ini hanyalah mengikuti persepsi dari pihak program studi. Pihak Program Studi Pendidikan Matematika pernah mengadakan survei berkaitan dengan kinerja dosen dengan menggunakan angket yang diisi oleh setiap mahasiswa. Tetapi dalam angket tersebut, tidak ada wadah yang tersedia bagi mahasiswa untuk menyampaikan bagaimana pelayanan yang diharapkan oleh mahasiswa. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadapa pelayanan yang diberikan pihak program studi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2015- tahun 2019 Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusa Cendana. Pengambilan sampelnya menggunaka teknik cluster random sampling. Metode fuzzy service quality merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pelayanan. Konsep fuzzy digunakan untuk membantu responden memberi nilai yang lebih obyektif sedangkan service quality digunakan untuk mendefinisikan tingkat kepuasan pelayanan berdasarkan perbedaan persepsi dan harapan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gap keseluruhan untuk pelayanan akademik adalah -0,341 dan gap keseluruhan untuk pelayanan administrasi adalah -0,141. Nilai gap tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan Program Studi Pendidikan Matematikasehingga perlu ditingkatkan lagi pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan, Metode Fuzzy Service Quality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aranski, W.A. (2015). Logika Fuzzy untuk menentukan Karyawan Terbaik Pada PT. Amtek Batam. (Thesis). Program Studi Teknik Informatika, Universitas Putera Batam.

Harto, B. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan. Jurnal TEKNOIF,3(1),20-30

Kartika, N. F. &Suprayogi. (2017). Impelementasi Fuzzy-Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA,7(1), 38-49


Kusumadewi, S., Purnomo, H.( 2004). APLIKASI LOGIKA FUZZY untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi,S.,Idham G. (2005). Fuzzy Multi-Criteria Decision Making. Media Informatika,3(1), 25-38

Ligoresi, R. R. dkk.(2017). Penerapan Metode Fuzzy Service Quality (Servqual) Untuk Menganalisa Kepuasan Pelayanan Pendidikan Pada Jurusan Computer Fakultas Sains Dan Teknik Universitas Nusa Cendana. J-ICON , 5(5), 48-57.

Okta,T. K. (2016). Mengukur kepuasan pelanggan dengan metode fuzzy service quality. Jurnal Ilmiah,2(2), 65-77.

Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta : Ekonisia

Sholikah, Hesti dkk.(2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Travel Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality. JOINTECS , 2(2) , 69-74.

Sunyoto, D. (2012). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta : Nuha Medika

Sutinah, E. & Simamora. O. R. (2018). Metode Fuzzy Servqual Dalam mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan. Jurnal Informatika, 5(1), 90-101..

Wahyani, W. ( ). Penerapan Metode Service Quality Untuk Menganalisis Kepuasan Pelanggan. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Widyarto, W. O.dkk. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Publik dengan Metode FUZZY-Service Quality (F-Servqual) dan Index Potential Gain Customer Value (IPGCV).JurnalSistemdanManajemenIndustri, 2(2), 101-110

PlumX Metrics

Published
2020-11-18
How to Cite
Falmon, F. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Service Quality (Servqual) untuk Mengukur Kepuasan Pelayanan Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 68-78. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.3060
Section
Articles