Penerapan Metode Fuzzy Service Quality (Servqual) untuk Mengukur Kepuasan Pelayanan Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana
Abstract
Dalam menjalankan pelayanan pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana belum mengetahui bagaimana penilaian mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan, sistem yang berjalan selama ini hanyalah mengikuti persepsi dari pihak program studi. Pihak Program Studi Pendidikan Matematika pernah mengadakan survei berkaitan dengan kinerja dosen dengan menggunakan angket yang diisi oleh setiap mahasiswa. Tetapi dalam angket tersebut, tidak ada wadah yang tersedia bagi mahasiswa untuk menyampaikan bagaimana pelayanan yang diharapkan oleh mahasiswa. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadapa pelayanan yang diberikan pihak program studi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2015- tahun 2019 Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusa Cendana. Pengambilan sampelnya menggunaka teknik cluster random sampling. Metode fuzzy service quality merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pelayanan. Konsep fuzzy digunakan untuk membantu responden memberi nilai yang lebih obyektif sedangkan service quality digunakan untuk mendefinisikan tingkat kepuasan pelayanan berdasarkan perbedaan persepsi dan harapan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gap keseluruhan untuk pelayanan akademik adalah -0,341 dan gap keseluruhan untuk pelayanan administrasi adalah -0,141. Nilai gap tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan Program Studi Pendidikan Matematikasehingga perlu ditingkatkan lagi pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan, Metode Fuzzy Service Quality.
Downloads
References
Harto, B. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan. Jurnal TEKNOIF,3(1),20-30
Kartika, N. F. &Suprayogi. (2017). Impelementasi Fuzzy-Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA,7(1), 38-49
Kusumadewi, S., Purnomo, H.( 2004). APLIKASI LOGIKA FUZZY untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusumadewi,S.,Idham G. (2005). Fuzzy Multi-Criteria Decision Making. Media Informatika,3(1), 25-38
Ligoresi, R. R. dkk.(2017). Penerapan Metode Fuzzy Service Quality (Servqual) Untuk Menganalisa Kepuasan Pelayanan Pendidikan Pada Jurusan Computer Fakultas Sains Dan Teknik Universitas Nusa Cendana. J-ICON , 5(5), 48-57.
Okta,T. K. (2016). Mengukur kepuasan pelanggan dengan metode fuzzy service quality. Jurnal Ilmiah,2(2), 65-77.
Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta : Ekonisia
Sholikah, Hesti dkk.(2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Travel Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality. JOINTECS , 2(2) , 69-74.
Sunyoto, D. (2012). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta : Nuha Medika
Sutinah, E. & Simamora. O. R. (2018). Metode Fuzzy Servqual Dalam mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan. Jurnal Informatika, 5(1), 90-101..
Wahyani, W. ( ). Penerapan Metode Service Quality Untuk Menganalisis Kepuasan Pelanggan. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Widyarto, W. O.dkk. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Publik dengan Metode FUZZY-Service Quality (F-Servqual) dan Index Potential Gain Customer Value (IPGCV).JurnalSistemdanManajemenIndustri, 2(2), 101-110
Copyright (c) 2020 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.