Penerapan Model Kooperatif Tipe TS-TS Melalui Whatsapp untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Struktur Aljabar
Abstract
This study aims to describe the using cooperative learning TS-TS model on student learning outcomes in the Algebra Structure course. This research is an experimental research using a control class and an experimental class with a pretest posttest control group design. Sampling technique using strata sampling. The number of students in the experimental class was 27 people and the number of students in the control class was 28 people. The data analysis used descriptive N-Gain statistics, normality test, homogeneity test and hypothesis testing with independent t-test. The research data showed that the average post-test score in the control class was 74.47, which was higher than the average learning outcome for the control class, which was 63.46. This shows that the TS-TS type cooperative model is better than the conventional model.
Downloads
References
Gazali, Rahmatia Yuliana. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe TS-TS pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43 - 54. Math Didactic, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 43-54
Heleni, Susda. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 23 Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 41-50
Long, Caroline. (2005) . Maths concepts in teaching: procedural and conceptual knowledge. Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/228337258_Maths_concepts_in_teaching_Procedural_and_conceptual_knowledge. Diakses pada tanggal 02 November 2020.
Pamungkas, Indra Firman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Dengan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan dan Koneksi Matematis. Tersedia di http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-46.pdf. Diakses pada tanggal 02 November 2020
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar Offset
Suraji & Sari, Arnida. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Suska Journal of Mathematics Education. 3(2), 67 – 73
Copyright (c) 2020 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.