Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 5 Kupang Pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra

  • Theresia M Klau SMPN 5 Kota Kupang
  • Damianus D Samo Universitas Nusa Cendana

Abstract

Topik fungsi kuadrat dimulai dari menggambar grafik, menganalisis bentuk grafik serta penentuan sumbu simetri dan nilai optimum. Ketiga materi ini dalam praktiknya memiliki masalah terkait pemahaman dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan saintifik dengan GeoGebra untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa pada kelas IX C SMPN 5 Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan yakni soal tes hasil belajar tiap siklus, dan lembar observasi motivasi siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika secara individu siswa telah mencapai nilai KKM 70 dan secara klasikal 75% siswa mencapai nilai KKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 73,73% siswa memiliki motivasi yang baik dalam mengikuti pembelajaran dan meningkat menjadi 80,93% pada siklus II. Lebih lanjut, hasil belajar pada siklus I dikategorikan memenuhi indikator ketuntasan karena lebih dari 70% siswa tuntas secara klasikal. Presentasi ini meningkat menjadi 78,125% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukan penerapan pendekatan saintifik dengan media GeoGebra memberi dampak yang postif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan GeoGebra dapat diterapkan dalam pembelajaran fungsi kuadrat

References

Australian Mathematical Sciences Institute. (2011). The quadratic function, a quide for teacher. (Online). Tersedia di http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/3.0/
Choi, Kyeong-Sik. (2010). Motivating student in learning mathematics with GeoGebra. Anale. Seria Informatică, (VIII), 65-76
De Lima, G. M., dos Santos, M. L. Z., de Vila, J. H., & Figueiredo, A. P. N. B. (2013). GeoGebra and its importance in the academic education of the mathematic teachers – an experience report. Journal of The Brazilian Conference of GeoGebra. (JBCG), 1(1), 68 – 74.
Gunčaga, J. (2011). GeoGebra in Mathematical Educational Motivation. Anale. Seria Informatică, (IX), 75-79
Ibeawuchi, E. & Mapula, N. (2012). Investigating grade 11 learners’ misconceptions in understanding of quadratic functions in some South African’s schools. Proceedings: Towards Effective Teaching and Meaningful Learning in Mathematics, Science and Technology. ISTE International Conference on Mathematics, Science and Technology Education, 21-25 October 2012. Mopani Camp in Kruger National Park, Limpopo, South Africa, 414-426
Nielsen, L. E. J. (2015). Understanding quadratic functions and solving quadratic equations: an analysis of student thinking and reasoning. Disertasi. Washington: University of Washington.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: the Development of Higher Psychological Processes. Cambridge. MA: Harvard University Press.
Wahyono, Abdulhak, I., Rusman. (2017). Implementation of scientific approach based learning to think high levels in state senior high school in Ketapang. International Journal of Education and Research, 5(8), 221-230
Published
2021-05-15
How to Cite
Klau, T., & Samo, D. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 5 Kupang Pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 33-42. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.3952
Section
Articles