Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 5 Kupang Pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra
Abstract
Topik fungsi kuadrat dimulai dari menggambar grafik, menganalisis bentuk grafik serta penentuan sumbu simetri dan nilai optimum. Ketiga materi ini dalam praktiknya memiliki masalah terkait pemahaman dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan saintifik dengan GeoGebra untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa pada kelas IX C SMPN 5 Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan yakni soal tes hasil belajar tiap siklus, dan lembar observasi motivasi siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika secara individu siswa telah mencapai nilai KKM 70 dan secara klasikal 75% siswa mencapai nilai KKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 73,73% siswa memiliki motivasi yang baik dalam mengikuti pembelajaran dan meningkat menjadi 80,93% pada siklus II. Lebih lanjut, hasil belajar pada siklus I dikategorikan memenuhi indikator ketuntasan karena lebih dari 70% siswa tuntas secara klasikal. Presentasi ini meningkat menjadi 78,125% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukan penerapan pendekatan saintifik dengan media GeoGebra memberi dampak yang postif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan GeoGebra dapat diterapkan dalam pembelajaran fungsi kuadrat
Downloads
References
Choi, Kyeong-Sik. (2010). Motivating student in learning mathematics with GeoGebra. Anale. Seria Informatică, (VIII), 65-76
De Lima, G. M., dos Santos, M. L. Z., de Vila, J. H., & Figueiredo, A. P. N. B. (2013). GeoGebra and its importance in the academic education of the mathematic teachers – an experience report. Journal of The Brazilian Conference of GeoGebra. (JBCG), 1(1), 68 – 74.
Gunčaga, J. (2011). GeoGebra in Mathematical Educational Motivation. Anale. Seria Informatică, (IX), 75-79
Ibeawuchi, E. & Mapula, N. (2012). Investigating grade 11 learners’ misconceptions in understanding of quadratic functions in some South African’s schools. Proceedings: Towards Effective Teaching and Meaningful Learning in Mathematics, Science and Technology. ISTE International Conference on Mathematics, Science and Technology Education, 21-25 October 2012. Mopani Camp in Kruger National Park, Limpopo, South Africa, 414-426
Nielsen, L. E. J. (2015). Understanding quadratic functions and solving quadratic equations: an analysis of student thinking and reasoning. Disertasi. Washington: University of Washington.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: the Development of Higher Psychological Processes. Cambridge. MA: Harvard University Press.
Wahyono, Abdulhak, I., Rusman. (2017). Implementation of scientific approach based learning to think high levels in state senior high school in Ketapang. International Journal of Education and Research, 5(8), 221-230
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.