Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Integral Fungsi Aljabar pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Waingapu
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah hasil belajar matematika yang rendah. Salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan matematika yaitu proses pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru. Oleh karena itu, diupayakan menelaah beberapa pokok bahasan matematika, misalnya integral fungsi aljabar. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan terkait proses pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model ini menempatkan peserta didik sebagai center dalam pembelajaran, dimana peserta didik diberi ruang untuk aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penerapan model penerapan kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Waingapu Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk mata pelajaran matematika. Pada tahap pra tindakan, persentase capaian hasil belajar yang di atas KKM 75 adalah 52,6%; kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 73,7%; dan meningkat lagi pada silus II menjadi 89,5%.
Downloads
References
Fathurrohman, P., & Sutikno, Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : PT. Refika Aditama
Indriyastuti, R. A. Yuana. (2018). Platinum Perspektif Matematika 2 untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib. Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Nurzakiaty, Ida. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 31-46
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 6(1), 87-93
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media
Anwar, K. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Turunan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Student Activities Handout. Jurnal Kreano, 5(2), 133-142
Rosyidah, A., Rusijono, & Prasetya, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Di Kelas VIA SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 1(1), 65-70
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.