Klasifikasi Faktor–faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana dengan Metode CHAID

  • Janrino Junus Rivaldi Fanggidae Universitas Nusa Cendana

Abstract

Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seorang mahasiswa, memberikan kesempatan kepada seorang mahasiswa untuk mengembangkan dirinya dalam belajar sehingga mampu mendapatkan prestasi akademik yang diinginkan. Dalam penelitian ini, akan dilakukan klasifikasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNDANA dengan metode CHAID.  Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Klasifikasi CHAID yang algoritmanya menggunakan uji statistik chi-square. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) klasifikasi dengan metode CHAID menghasilkan diagram pohon keputusan yang menunjukan hasil klasifikasi, dimana terdapat 2 variabel yang berhubungan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa yaitu jalur masuk mahasiswa dan rata-rata nilai UN mahasiswa; (2) hasil klasifikasi CHAID akan memprediksi mahasiswa yang memiliki nilai IPK dengan predikat sangat memuaskan dimana mahasiswa yang memiliki nilai IPK dengan predikat sangat memuaskan tertinggi adalah mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN sedangkan mahasiswa yang memiliki nilai IPK dengan predikat sangat memuaskan terendah adalah mahasiswa yang masuk lewat jalur SBMPTN atau MANDIRI dan yang mempunyai rata-rata nilai UN ; (3) Berdasarkan confusion matrix maka model klasifikasi yang terbentuk lebih cocok untuk melihat mahasiswa yang memiliki nilai IPK berada dalam kelas 3,00–3,50 atau predikat sangat memuaskan, dilihat dari tingkat sensitivitasnya sebesar 100%.

References

Daruyani, S., Wilandar, Y., & Yasin, H. (2013). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa FSM Universitas Diponegoro Semester Pertama Dengan Metode Regresi Logistik Biner. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro , 185-193.
Eryanto, H., & S., D. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 01(01), 39-44.
Hasibuan, E., & Harahap, A. (2018). Aplikasi Metode CHAID dalam Menganalisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa pada Programa Studi Pendidikan Matematika. Edumatematika Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 01(02), 63-72.
Merdekawati, G., & Amalita, N. (2019). Penerapan Metode CHAID untuk Mengklasifikasikan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Matematika Tahun Masuk 2016 FMIPA UNP. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS , 513-520.
Nazar, R. R. (2018). Penerapan Metode CHAID (Chi - Squared Automatic Interaction Detection) dan CART (Classification And Regression Trees) pada Klasifikasi Preeklampsia. Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Peraturan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan TIinggi.
Suryaputri, A. (2019). Pengaruh Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Jurusan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Skripsi, Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi.
Published
2021-05-15
How to Cite
Fanggidae, J. (2021). Klasifikasi Faktor–faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana dengan Metode CHAID. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 23-33. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.4018
Section
Articles