Klasifikasi Faktor–faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana dengan Metode CHAID
Abstract
Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seorang mahasiswa, memberikan kesempatan kepada seorang mahasiswa untuk mengembangkan dirinya dalam belajar sehingga mampu mendapatkan prestasi akademik yang diinginkan. Dalam penelitian ini, akan dilakukan klasifikasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNDANA dengan metode CHAID. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Klasifikasi CHAID yang algoritmanya menggunakan uji statistik chi-square. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) klasifikasi dengan metode CHAID menghasilkan diagram pohon keputusan yang menunjukan hasil klasifikasi, dimana terdapat 2 variabel yang berhubungan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa yaitu jalur masuk mahasiswa dan rata-rata nilai UN mahasiswa; (2) hasil klasifikasi CHAID akan memprediksi mahasiswa yang memiliki nilai IPK dengan predikat sangat memuaskan dimana mahasiswa yang memiliki nilai IPK dengan predikat sangat memuaskan tertinggi adalah mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN sedangkan mahasiswa yang memiliki nilai IPK dengan predikat sangat memuaskan terendah adalah mahasiswa yang masuk lewat jalur SBMPTN atau MANDIRI dan yang mempunyai rata-rata nilai UN ; (3) Berdasarkan confusion matrix maka model klasifikasi yang terbentuk lebih cocok untuk melihat mahasiswa yang memiliki nilai IPK berada dalam kelas 3,00–3,50 atau predikat sangat memuaskan, dilihat dari tingkat sensitivitasnya sebesar 100%.
Downloads
References
Eryanto, H., & S., D. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 01(01), 39-44.
Hasibuan, E., & Harahap, A. (2018). Aplikasi Metode CHAID dalam Menganalisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa pada Programa Studi Pendidikan Matematika. Edumatematika Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 01(02), 63-72.
Merdekawati, G., & Amalita, N. (2019). Penerapan Metode CHAID untuk Mengklasifikasikan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Matematika Tahun Masuk 2016 FMIPA UNP. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS , 513-520.
Nazar, R. R. (2018). Penerapan Metode CHAID (Chi - Squared Automatic Interaction Detection) dan CART (Classification And Regression Trees) pada Klasifikasi Preeklampsia. Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Peraturan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan TIinggi.
Suryaputri, A. (2019). Pengaruh Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Jurusan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Skripsi, Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi.
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.