Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana Tentang Perkuliahan Daring Berbantuan Youtube Pada Mata Kuliah Aljabar Linear

  • Imelda Hendriani Eku Rimo Universitas Nusa Cendana
Keywords: student perceptions, youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana tentang perkuliahan daring berbantuan Youtube pada mata kuliah Aljabar Linear. Penelitian ini  difokuskan pada 4 aspek yaitu minat, keterjangkauan (accessability), kemandirian belajar dan efektivitas perkuliahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 mahasiswa pendidikan matematika FKIP Undana yang mengikuti perkuliahan Aljabar Linear secara daring berbantuan youtube. Data persepsi mahasiswa diperoleh dengan cara menyebarkan angket yang sudah valid dan reliabel secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan matematika FKIP Undana tentang perkuliahan daring berbantuan youtube pada mata kuliah Aljabar Linear adalah sangat positif. Selain itu, diketahui pula bahwa 66.15% mahasiswa memberikan respon sangat positif tentang perkuliahan daring berbantuan youtube pada mata kuliah aljabar linear, 29.23% mahasiswa memberikan respon positif dan 4.6% mahasiswa memberikan respon kurang positif dan tidak ada mahasiswa yang memberikan respon negatif.

References

Drever. 2010. Persepsi Siswa. Bandung: Grafindo
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press.
Misran & Yunus, U. I. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 125-136.
Saifuddin A. (2007). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salasiyah, C. I. (2017). Pengembangan Modul Aljabar Linear untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 146-156.
Samosir, F. T., Pitasari, D.N., Purwaka & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.
Suranto, AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thoha, Miftah. 2003. Perilaku Organisasi. Edisi Pertama. Cetakan Keempat Belas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Udil, Patrisius Afrisno. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Schoology. Fractal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 79-91.
Published
2021-05-15
How to Cite
Rimo, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana Tentang Perkuliahan Daring Berbantuan Youtube Pada Mata Kuliah Aljabar Linear. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 14-22. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.4027
Section
Articles