Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana Tentang Perkuliahan Daring Berbantuan Youtube Pada Mata Kuliah Aljabar Linear
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana tentang perkuliahan daring berbantuan Youtube pada mata kuliah Aljabar Linear. Penelitian ini difokuskan pada 4 aspek yaitu minat, keterjangkauan (accessability), kemandirian belajar dan efektivitas perkuliahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 mahasiswa pendidikan matematika FKIP Undana yang mengikuti perkuliahan Aljabar Linear secara daring berbantuan youtube. Data persepsi mahasiswa diperoleh dengan cara menyebarkan angket yang sudah valid dan reliabel secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan matematika FKIP Undana tentang perkuliahan daring berbantuan youtube pada mata kuliah Aljabar Linear adalah sangat positif. Selain itu, diketahui pula bahwa 66.15% mahasiswa memberikan respon sangat positif tentang perkuliahan daring berbantuan youtube pada mata kuliah aljabar linear, 29.23% mahasiswa memberikan respon positif dan 4.6% mahasiswa memberikan respon kurang positif dan tidak ada mahasiswa yang memberikan respon negatif.
Downloads
References
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press.
Misran & Yunus, U. I. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 125-136.
Saifuddin A. (2007). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salasiyah, C. I. (2017). Pengembangan Modul Aljabar Linear untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 146-156.
Samosir, F. T., Pitasari, D.N., Purwaka & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.
Suranto, AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thoha, Miftah. 2003. Perilaku Organisasi. Edisi Pertama. Cetakan Keempat Belas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Udil, Patrisius Afrisno. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Schoology. Fractal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 79-91.
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.