Meta-analisis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matemati siswa ditinjau dari jenis berpikir matematis, jenjang pendidikan, dan tahun penelitian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan meta-analisis. Metode yang digunakan adalah survei dengan sampel 42 artikel penelitian eksperimen. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan problem based learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu sebesar 0,86. Selain itu, hasil uji hipotesis perbedaan pengaruh berdasarkan jenis berpikir matematis memberikan hasil signifikansi , dan perbedaan pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan memberikan hasil , sehingga tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa jika ditinjau berdasarkan jenis berpikir matematis dan jenjang pendidikan, sedangkan perbedaan pengaruh berdasarkan tahun penelitian memberikan hasil , ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa ditinjau dari tahun penelitian.
Downloads
References
Teaching Of Critical Thinking Skills Through Mathematics. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 2(2), 3818-3822.
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Sixth Edition. NewYork: McGrawHill.
Ball, D. L., Goffney, I. M., & Bass, H. (2005). The Role Of Mathematics Instruction In Building A Socially Just And Diverse Democracy. The Mathematics Educator, 15(1).
Ermatina. 2019. Analisis Kemampuan Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Kapuas Kiri Hulu Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.
Fadhilah Suralaga, dan Solicha, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Lembaga Penelitian, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010)
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77-87.
Glass, G.V. (1976). Primary, Secondary, and meta-analysis of Research. Educational Researcher, 5(10), 3-8.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kamdi, W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri malang.
Kavale, K. A., & Glass, G. V. (1981). Meta-analysis and the integration of research in special education. Journal of Learning Disabilities, 14(9), 531-538.
NCTM. (2000). Principles And Standars For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nugraha, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Manusia Dan Lingkunganya (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V subtema Manusia dan lingkungana SDN cikaro I kecamatan Majalaya kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Nuswowati, M., & Taufiq, M. (2015). Developing Creative Thinking Skills And Creative Attitude Through Problem Based Green Vision Chemistry Environment Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2).
Ode, I. M., Sudia, M., & Kodirun, K. (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(3), 365-378.
Rosenthal, R., Cooper, H., & Hedges, L. (1994). Parametric Measures Of Effect Size. The Handbook Of Research Synthesis, 621(2), 231-244.
Siahaan, C. M., & Situmorang, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(3).
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42.
Soetjipto, H. P. (1995). Aplikasi Meta-Analisis Dalam Pengujian Validitas Aitem. Buletin Psikologi, 3(2), 20-28.
Steven, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 15-28.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutjipto, H. . (1995). Aplikasi Meta Analisis Dalam Pengujian Validitas Item. Yogyakarta: Fakultas psikologi UGM.
Tanti, T., Rahim, U., & Samparadja, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2), 169-182.
Temel, S. (2014). The Effects Of Problem-Based Learning On Pre-Service Teachers' Critical Thinking Dispositions And Perceptions Of Problem-Solving Ability. South African journal of education, 34(1), 1-20.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5-9.
Zulfikar, Z., Kodirun, K., & Rahmat, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 4 Tomia. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 81-94.
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.