Meta-analisis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

  • Yeniarse Pedja Rohi Universitas Nusa Cendana
  • Christine K. Ekowati
  • Damianus D. Samo
Keywords: kemampuan berpikir matematis, meta-analisis, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matemati siswa ditinjau dari jenis berpikir matematis, jenjang pendidikan, dan tahun penelitian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan meta-analisis. Metode yang digunakan adalah survei dengan sampel 42 artikel penelitian eksperimen. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan problem based learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu sebesar 0,86. Selain itu, hasil uji hipotesis perbedaan pengaruh berdasarkan jenis berpikir matematis memberikan hasil signifikansi , dan perbedaan pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan memberikan hasil , sehingga tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa jika ditinjau berdasarkan jenis berpikir matematis dan jenjang pendidikan, sedangkan perbedaan pengaruh berdasarkan tahun penelitian memberikan hasil , ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa ditinjau dari tahun penelitian.

 

References

Aizikovitsh, E., & Amit, M. (2010). Evaluating An Infusion Approach To The
Teaching Of Critical Thinking Skills Through Mathematics. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 2(2), 3818-3822.
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Sixth Edition. NewYork: McGrawHill.
Ball, D. L., Goffney, I. M., & Bass, H. (2005). The Role Of Mathematics Instruction In Building A Socially Just And Diverse Democracy. The Mathematics Educator, 15(1).
Ermatina. 2019. Analisis Kemampuan Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Kapuas Kiri Hulu Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.
Fadhilah Suralaga, dan Solicha, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Lembaga Penelitian, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010)
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77-87.
Glass, G.V. (1976). Primary, Secondary, and meta-analysis of Research. Educational Researcher, 5(10), 3-8.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kamdi, W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri malang.
Kavale, K. A., & Glass, G. V. (1981). Meta-analysis and the integration of research in special education. Journal of Learning Disabilities, 14(9), 531-538.
NCTM. (2000). Principles And Standars For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nugraha, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Manusia Dan Lingkunganya (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V subtema Manusia dan lingkungana SDN cikaro I kecamatan Majalaya kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Nuswowati, M., & Taufiq, M. (2015). Developing Creative Thinking Skills And Creative Attitude Through Problem Based Green Vision Chemistry Environment Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2).
Ode, I. M., Sudia, M., & Kodirun, K. (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 17 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(3), 365-378.
Rosenthal, R., Cooper, H., & Hedges, L. (1994). Parametric Measures Of Effect Size. The Handbook Of Research Synthesis, 621(2), 231-244.
Siahaan, C. M., & Situmorang, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(3).
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42.
Soetjipto, H. P. (1995). Aplikasi Meta-Analisis Dalam Pengujian Validitas Aitem. Buletin Psikologi, 3(2), 20-28.
Steven, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 15-28.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutjipto, H. . (1995). Aplikasi Meta Analisis Dalam Pengujian Validitas Item. Yogyakarta: Fakultas psikologi UGM.
Tanti, T., Rahim, U., & Samparadja, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2), 169-182.
Temel, S. (2014). The Effects Of Problem-Based Learning On Pre-Service Teachers' Critical Thinking Dispositions And Perceptions Of Problem-Solving Ability. South African journal of education, 34(1), 1-20.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5-9.
Zulfikar, Z., Kodirun, K., & Rahmat, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 4 Tomia. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 81-94.
Published
2021-11-29
How to Cite
Rohi, Y., Ekowati, C., & Samo, D. (2021). Meta-analisis Pengaruh Penggunaan Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(2), 63-80. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5590
Section
Articles