Kajian Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Materi Geometri

  • Yasintha Esterina Klau(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Siprianus Suban Garak(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Damianus D. Samo(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: Creative Thinking, Mathematics Learning

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kemampuan berpikir kreatif dalam matematika serta mendeskripsikan penerapan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika bagi siswa di Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku, dan artikel/jurnal. Berdasarkan teori-teori yang dikaji, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir secara logis dan divergen untuk menghasilkan ide atau berbagai macam solusi jawaban terhadap suatu permasalahan matematika yang diberikan, dimana masalah matematika yang diberikan dapat diselesaikan dengan lebih dari satu penyelesaian dan melalui berpikir lancar, luwes, melakukan elaborasi serta memiliki orisinalitas dalam solusinya. Berpikir kreatif mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Penerapan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika mengharuskan guru untuk dapat mendesain pembelajaran yang mampu membuka kesempatan untuk tercipta dan berkembangnya kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Dalam desain pembelajaran yang disusun haruslah melibatkan masalah-masalah yang dapat menuntun siswa untuk berpikir kreatif sehingga dapat mengarahkan pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Apino, E. (2016). Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 335-340.
Herlina, V. Y., Sunardi, S., & Tirta, I. M. (2018). The Level of Students’ Creative thinking Skills in Solving Probability Problem through Scientific Approach. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(7), 264210
Khairiree, K. (2015). Creative thinking in mathematics with Tangrams and the geometer’s sketchpad. In Proceedings of the 20th Asian Technology Conference in Mathematics (pp. 153-161).
Learning and Teaching Scotland. (2004). Learning Thinking. Scotland: Learning and Teaching Scotland.
Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open Ended) dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Yogyakarta.
Maskur, R., Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Kinarya Palupi, E. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375-383.
Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Selter, C. (2009). Creativity, Fleksibility, Adaptivity, and Strategy Use in Mathematics. ZDM Mathematical Education, 4 (1), 619-625.
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Soving and Problem Posing. ZDM: The International Journal of Mathematics Education, 29(3), 75-80.
Siswono, T, Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sumarmo, U. (2009). High Level Mathematical Thinking: Experiments With High School and Under Graduate Students Using Various Approaches and Strategies. Makalah yang disampaikan pada Seminar di UPI. Bandung: UPI.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2022-04-08
Bagian
Articles