Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan I-Spring Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP Kelas VII
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan Powerpoint dan I-Spring pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP kelas VII yang valid, praktis dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuatitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan valid, praktis dan efektif. Hasil kelayakan media tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata-rata 4,4 dan penilaian ahli media 4,4 sehingga dikategorikan “valid”, hasil tes evaluasi peserta didik memperoleh presentasi kelulusan sebesar 78,6% yang mana termasuk dalam kategori “Efektif”, sedangkan untuk rata-rata respon penggunaan dari guru mata pelajaran 3,4, dan respon peserta didik untuk media pembelajaran ini adalah 3,48 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asyar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Dewi, R. (2011). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika ‘Math-Tainment’ Materi Pokok Garis dan Sudut Untuk SMP Kelas VII. (skripsi). Program Studi pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Kumalasani. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1A).
Munadi. (2008). Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press
Rafiq, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Powerpoint & Ispring Suite Pada Materi Perbandingan Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Kota Jambi. (skripsi). Program Studi pendidikan Matematika, Universitas Negeri Jambi, Jambi.
Zakaria, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 Pada Materi Trigonometri Di SMAN 4 Kupang Kelas X. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusa Cendana, Kupang.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Yoyada Nufninu(1*)








