Analisis kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPS Katolik Putri St. Xaverius Kefamenanu Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
This study aims to analyze the critical thinking skills of eighth grade junior high school students class VIII on several materials consisting of 12 student. This type of research is descriptive research with a quilitative approach. The data collected in the form of critical thinking ability test result and interviews. Furthermore, the data collected was analyzed based on the indicators of critical thinking skills that have been set by the researcher which includes interpretation, analysis, evaluation, and inference. The results of data analysis obtained results, namely (a) On indicators with high thinking skills can interpret well, student with moderate abilities can also interpret well while students with low abilities have not interpreted well; (b) On indicators of analysis, all research subjects from students with high, medium and low abilities have not been able to analyze well;(c) On evaluation and inference indicators, students with high abilities can evaluate and inference well, students with moderate abilities can also evaluate and inference well while students with low abilities have not been able to do evaluation and inference well.
Downloads
References
Hidayanti, D., As’ari, and Tjang Daniel C. “ Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP kelas IX pada Materi Kesebangunan.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT:; Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1)
Nuryanti, L., Zubaidah, S.,& Diantoro, M. (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan,3(2), 155-158
Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam matematika mengacu pada watson-glaser critical thinking appraisal pada siswa kelas VIII SMP negeri di banjarmasin tengah tahun pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).
Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. PascasarjanaUnesa (Vol. 16).
Anandita, G. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Kubus dan Balok (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Arwana, D. (2016). Penggunaan Alat Peraga Balok Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pada Bilangan Satu Angka ( Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Ranggawana Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2012/2013) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Wewe, M. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dengan Problem Posing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Golewa Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1).
Wijayanti, A.D., Sanusi, S., & Handoyo, B (2013). Profil Berpikir Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Kesebangunan Dan Simetri Pada Bangun Datar Kelas V Sdn Rejomulyo Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2012/2013. JIPM ( Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2).
Isroil, A., Budayasa, I. K., & Masriyah, M. (2017). Profil berpikir siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika). JRPM ( Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 93-105
Rujakat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif ( Qualitative Research Approach). Deepublish.
Herdiman, I. Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1),1-10
Sulistiani, E., & Masrukan, M.(2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612)
Muhlas Samami & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011), h. 43
Agus Wibowo. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. ( Yogyakarta: Puspita Pelajar. 2012), h.33
Maksudin. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik (Yogyakarta: Pustaka Belajar.2013), h.3
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.