Evaluasi Pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar
Abstract
This research conducted to evaluate the implementation of the Learning Environment Survey for senior high school teachers in Indonesia which has been carried out in September and October 2021. This is a qualitative-research using in-depth interview techniques. Sources of data are seven teachers of MAN (a government Islamic school) in Alor island, Indonesia, who have filled out this survey in September and one proctor of the National Assessment of MAN Alor. Data analysis is caried out by looking for sub-themes, then determining the relationship between sub-themes to gain understanding. The results of the research are as follows: first, the teacher’s data which are used as the basis for determining the respondents to the survey is considered not valid enough. Secondly, several questions in the survey were considered too sensitive to be questioned because seems like to stir up the privacy of the education unit. The third, questions in this survey are considered too many, too long, and repeat the same sentence a lot
Downloads
References
Cummings, T. G. & Worley, C. G. (2008). Organization Development & Change, 9th Edition. Mason: Cengange Learning
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan
Hall, C. S. & Lindzey, G. (1993). Teori-Teori Psiko dinamik (Klinis). Editor: Dr. A. Supratiknya. Yogyakarta: Kanisius.
Muchtar, H. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur No.14, 68-76.
Nasution, H. M. F. (2016). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan 8(1).
Oos, A. M. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Alfabeta: Bandung.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta : Kemendikbud.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Asesmen Nasional Lembar Tanya Jawab. Jakarta : Kemendikbud.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Tilaar, H A R. (2004). Standarisasi Nasional Pendidikan: Suatu Tinjauan Kritis. Bandung: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zaini, M. (2011). Kebijakan Ujian Nasional: Kajian Kritis Politik Pendidikan. Jurnal Salam, 13(1).
Copyright (c) 2021 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.