Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Pola Bilangan

  • Jeli Pitropoli Adu Universitas Nusa Cendana
  • Juliana M. H Nenohai
  • Imelda Hendriani Eku Rimo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android yang layak menggunakan Smart Apps Creator pada materi pola bilangan untuk siswa kelas VIII SMPK Kristen Tunas Gloria. Kelayakan Media pembelajaran ini meliputi 3 aspek yaitu valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran materi Pola Bilangan untuk siswa kelas VIII di SMPK Kristen Tunas Gloria. Hasil kelayakan media tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata-rata 4.53 dan penilaian ahli media 4.4 sehingga dikategorikan “valid”, respon guru mata pelajaran dengan rata-rata hasil respon yaitu 4.8, respon dari siswa kelas kecil adalah 4.51 dan kelas besar adalah 4.44 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”, serta hasil tes ketuntasan belajar kelas kecil diperoleh hasil persentase kelulusan sebesar 83.3% dan kelas besar diperoleh hasil persentase kelulusan sebesar 85% sehingga berdasarkan hasil tes ketuntasan belajar siswa, media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “efektif”.

References

Daeng, Intan Tivena Maria., Mewengkang, N.N., Kalesaran, Edmod R. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unrat Manado. E-journal “ Acta Diurna”, vol. 6, No. 1, hal. 1-15

Hanum, Zubaedah. (2021). Kemenkominfo : 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Tersedia di: https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone. Diakses tgl 13 Mei 2022.

Lima, Silvana Y., Ekowati, Christine K., & Rimo, Imelda H. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventory pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang. Fraktal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2, hal. 81-93.

Nufninu, Y., Dominikus, W. S., & Rimo, Imelda H. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point dan I-Spring pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP Kelas VII. Fraktal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2, hal. 17-28.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Syarisma, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantu Aplikasi Appypie Pembelajaran Fluida. (Skripsi) Uin Alauddin Makassar.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1, hal. 60-67.
Published
2022-05-15
How to Cite
Adu, J., Nenohai, J., & Rimo, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Pola Bilangan. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 75-87. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.7076
Section
Articles