Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan Ispring Pada Materi Himpunan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android menggunakan Power point dan Ispring pada materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP Swasta Swadaya Tarus yang valid, praktis dan efektif. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, angket dan tes. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi kelas himpunan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif terhadap materi himpunan. Rata-rata total kevalidan media pembelajaran oleh 3 orang validator adalah 4,34 sehingga media permbelajaran matematika berbasis android termasuk dalam kategori valid. Rata-rata total kepraktisan oleh guru kelas besar adalah 4,38, respon peserta didik uji coba kelas kecil adalah 4,6, respon peserta didik uji coba kelas besar adalah 4,67 sehingga media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android termasuk dalam kategori praktis. Serta presentase ketuntasan peserta didik uji coba skala kecil diperoleh dengan 80% dan hasil ketuntasan belajar siswa uji coba kelas besar 70% sehingga media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori efektif
Downloads
References
Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Bana, R. E., Dethan, S. P., & Blegur, I. K. (2022, September). Powerpoint dan Ispring: Kombinasi untuk Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 2, pp. 284-295).
Bana, R. E., Ekowati, C. K., & Blegur, I. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dan Ispring pada Materi Barisan dan Deret. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 41-56.
Nufninu, Y., Dominikus, W. S., & Rimo, I. H. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan power point dan i-spring pada materi garis dan sudut untuk siswa smp kelas vii. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 17-28.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan: Study Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102.