Pembekalan Kemampuan Literasi Media Penyiaran Dan Media Sosial Bagi Siswa SMA

  • Monika Wutun(1*)
    Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0000-0003-0384-4199
  • Mas’amah .(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juan Ardiles Nafie(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Literasi Media, Literasi Digital, Kota Kupang, Siswa SMA

Abstract

Kovergensi media tidak dapat dihindari oleh media massa konvensional seperti surat kabar atau koran, majalah, radio siaran, dan televisi. Media baru hasil konvergensi berbasis internet bisa berupa website berita, streaming radio/televisi, memiliki dan mengoptimalkan berbagai pilihan media sosial yang tersedia saat ini. Dengan konvergensi ini media dapat menjangkau masyarakat lebih cepat dan diharapkan lebih tepat. Ketersediaan berbagai media informasi membuat masyarakat mengalami disrupsi informasi. Karena itu, masyarakat dituntut untuk cerdas dan cermat dalam memilah informasi yang layak dan dibutuhkan termasuk ketika menonton Televisi atau mendengarkan Radio siaran.  Selain itu, informasi yang diperoleh dari media sosial yang rentan dengan hoax, penyebaran ujaran kebencian dan berbagai konten negatif lainnya membutuhkan masyarakat yang cerdas bermedia. Karena itu, FISIP Undana tahun 2023 ini menggandeng mitra KPID NTT telah melaksanakan kegiatan pembekalan kemampuan literasi media di era digital bagi siswa SMA di Kota Kupang khususnya di SMA Negeri 6 Kupang. Kegiatan ini telah menghasilkan pemahaman yang tepat tentang literasi media dan komitmen untuk menjadi generasi muda yang cerdas bermedia oleh siswa SMA Negeri 6 Kupang ini. Selain itu, kegiatan ini telah dipublikasikan lewat media sosial seperti facebook, website resmi Program Studi Ilmu Komunikasi dan pada jurnal ilmiah nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-22
How to Cite
Wutun, M., ., M., & Nafie, J. (2023). Pembekalan Kemampuan Literasi Media Penyiaran Dan Media Sosial Bagi Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 17(2), 52-58. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v17i2.12120

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.