PELATIHAN PENGGULUNGAN TRAFO BAGI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NUSA CENDANA

  • Sudirman Syam(1*)
    Universitas Nusa Cendana http://orcid.org/0000-0001-8690-2037
  • Sri Kurniati(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Nursalim MT. Nursalim(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • abdul Wahid(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: skill, kompetensi, tenaga listrik

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui pemberian keterampilan penggulungan trafo bagi mahasiswa Teknik Elektro. Metode yang digunakan adalah melalui ceramah dan tanya jawab berupa pemberian teori-teori trafo, pengenalan alat ukur, dan cara menghitung belitan dan menggulung trafo. Metode berikutnya adalah melalui demonstrasi dan praktek langsung berupa pengenalan nama alat pengukuran diameter kawat email, besi keren, cara mempergunakan alat penggulungan trafo, dan teknik menyolder. Model pembelajaran dilakukan berupa 30%  teori dan 70%  praktek. Hasil kegiatan menunjukkan  pemberian keterampilan ini sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan skill dan keterampilan mahasiswa. Pemberian keterampilan ini diberikan selama 2 minggu dan hasilnya menunjukkan 90% dapat memahami teori dan 70% dapat memahami praktek.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kurniati, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik

Nursalim MT. Nursalim, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik

PlumX Metrics

Published
2024-06-30
How to Cite
Syam, S., Kurniati, S., Nursalim, N., & Wahid, abdul. (2024). PELATIHAN PENGGULUNGAN TRAFO BAGI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 16 - 23. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v0i0.16457

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.