PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI IKAN NOEKELE

  • Dominggus G.H. Adoe

Abstract

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani ikan dengan mereduksi biaya harian untuk kebutuhan pelet ikan dengan cara memproduksi sendiri pelet untuk kebutuhan pakan harian. Harga pellet ikan dipasaran Kupang NTT adalah Rp. 10.000,-/kg, sedangkan apabila di produksi sendiri biaya seluruh bahan baku untuk menghasilkan setiap kg pellet dengan kualitas yang lebih baik hanya setara Rp. 2000,-/kg. Dengan kata lain biaya produksi bisa direduksi hingga 500%.

Transfer teknologi berupa pelatihan dan pembuatan mesin pellet ikan yang akan dibuat bersama mitra merupakan solusi tepat untuk menjawab permasalahan mitra dalam mereduksi pengeluaran untuk kebutuhan pakan harian. Masalah yang dihadapi mitra dalam hal pemasaran maupun promosi karena kurangnya penguasaan IPTEK dan ilmu komputer, diatasi dengan melatih mitra untuk menguasai komputer, mitra juga dilatih untuk membuat brosur untuk mempromosikan usahanya melalui pemanfaatan internet agar usahanya bisanya lebih dikenal secara luas.

 Kata kunci: mesin pellet, pakan, budidaya ikan,

Published
2020-12-15
How to Cite
Adoe, D. (2020). PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI IKAN NOEKELE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 52-57. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jlppm/article/view/3442

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.