PKM PENGELOLAAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PARE DI DI KELURAHAN BURAEN, KECAMATAN AMARASI SELATAN, KABUPATEN KUPANG

  • Petronella Syahyanti Nenotek(1*)
    Faperta Undana
  • Agnes Virginia Simamora(2)
    Undana
  • Mayavira Veronika Hahuly(3)
  • Muhammad Kasim(4)
  • Ryan Piter Imanuel Nalle(5)
  • Aristarkhus Taloin(6)
  • Martyn Radja Riwu(7)
  • Dini Faot(8)
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Masyarakat di Kelurahan Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang bermata pencarian pertanian. Berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan diantaranya adalah pare. Pera banyak manfaat bagi kesehatan manusia sehingga permintaan semakin meningkat. Pada umumnya setiap penduduk membudidayakan tanaman mereka seluas sekitar lahan 6-10 are. Masalah yang dihadapi oleh petani adalah adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman pare

Solusi bagi mitra adalah menyediakan varietas unggul, membudidayakan tanaman pare, melakukan penyuluhan dan pelatihan tentang hama dan penyakit pada tanaman pare. Untuk menjawab solusi tersebut, metode yang dilakukan adalah penyuluhan, demplot, pendampingan dan evaluasi keberhasilan pelaksanaan PKM.

Pelaksana PKM dihadiri oleh 24 anggota kelompok. Anggota kelomppk berperan aktif selama pelaksana kegiatan. Keterlibatan anggota kelompok meliputi bersama mitra menentukan waktu dan tempat pelaksana, peserta selama kegiatan penyuluhan dan demplot, bersama tim melakukan pengamatan terhadap hama dan penyakit pada tanaman pare. Hasil pengamatan terdapat hama lalat buah dan gejala penyakit bercak nekrosis pada daun pare. Tim pelaksana memberikan penyuluhan mekanisme lalat buah merusak buah pare dan cara pengendaliannya. Sementara untuk penyakit bercak nekrosis, tim pelaksana belum memastikan penyebab penyakit. Luaran dari PKM ini adalah petani dapat mengidentifikasi gejala kerusakan tanaman yang diakibatkan oleh lalat buah dan pengendaliannya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-06-30
How to Cite
Nenotek, P., Simamora, A., Hahuly, M., Kasim, M., Nalle, R., Taloin, A., Radja Riwu, M., & Faot, D. (2024). PKM PENGELOLAAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PARE DI DI KELURAHAN BURAEN, KECAMATAN AMARASI SELATAN, KABUPATEN KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 24 -32. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v0i0.17295

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.