Sistem Kontrol dan Monitor untuk Manajemen Konsumsi Energi Listrik pada Sistem Kelistrikan Rumah Tangga R-1

  • Piet Yohanes Lakapu(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Nursalim Nursalim(2*)
    Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0000-0002-9291-9609
  • Evtaleny Mauboy(3)
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: Control, Monitor, Website

Abstrak

Peralatan listrik seperti pompa air, televisi, mesin cuci, kipas angin, kulkas dan lampu merupakan kebutuhan rumah tangga yang tidak terlepas dari kehidupan manusia saat ini sebagai alat bantu dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan membiarkan peralatan listrik tetap menyala saat tidak digunakan adalah salah satu faktor yang menyebabkan pemborosan energi listrik.Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu sistem yang dapat mengontrol penggunaan energi listrik dalam jarak yang jauh melalui halaman website dan suatu sistem yang dapat memonitor data konsumsi energi secara realtime dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik serta menghitung besar tarif listrik yang dikeluarkan setiap bulan.

Sistem yang dirancang memanfaatkan modul PZEM-004T untuk mengukur besaran yang diperlukan, current detector sebagai pendeteksi arus, relay sebagai pengontrol beban melalui halaman website, Arduino Uno sebagai pembaca dan pengirim data, Raspberry Pi sebagai pemroses dan halaman website sebagai interface.

Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan sistem kontrol dan monitor bekerja sesuai perancangan. Miniatur sistem untuk mengontrol beban listrik rumah tangga melalui halaman website dapat diimplementasikan.Nilai energi, daya, faktor daya, frekuensi arus serta tegangan dapat ditampilkan pada halaman website secara realtime.Nilai arus, tegangan, daya dan energi dapat ditampilkan dalam bentuk grafik pada halaman website.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nusa Cendana

Referensi

Kurniawan, Purwa Rupa IoT (Internet of Things) Kendali Lampu Gedung, Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung, 2016.

W. Joyowirjo, Sistem Kontrol Berbasis Web Menggunakan Server Kontrol Online Mini PC Raspberry Pi 3, Kupang: Universitas Nusa Cendana Kupang, 2018.

G. S. Muhammad, Sistem Kontrol dan Monitoring Penerangan Berbasis Web, Batam: Politeknik Negeri Batam, 2017.

R. Akbar, Rancang Bangun Alat Monitoring Tegangan, Arus, Daya, Kwh, Serta Estimasi Biaya Pemakaian Peralatan Listrik Pada Rumah Tangga, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2018.

J. Wahyudi, Audit Energi Di Bidang Tata Cahaya Untuk Gedung Kampus Bonaventura UAJY, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2014.

Lisiani, Identifikasi dan Analisa Jenis Beban Listrik Rumah Tangga Terhadap Faktor Daya (Cos Phi), Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak, 2019.

K. Ogata, Modern Control Egineering, Minnesota: Tom Robbins, 1997.

N. Amron, Sistem Monitoring Besaran Listrik Dengan Teknologi IoT (Internet of Things), Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2017.

M. Rometdo, Rancang Bangun Prototype Pengontrolan Lampu Gedung STMIK Amik Riau Berbasis IoT Menggunakan Rasberry Pi 3 Model B, Pekanbaru: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2018.

Fatimah, Monitoring Performansi Photovoltaik Modul Menggunakan Raspbbery Pi Berbasis Web, Bandung: Universitas Telkom, 2018.

F. Christian, Modul Pembelajaran Raspberry Pi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2017.

A. Sayuti, Perancangan Sistem Monitoring Suhu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Web Dan Android Pada Ruang Server Universitas Darma Persada, Jakarta: Universitas Darma Persada, 2015.

Turang, Sistem Relay Pengendalian Dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Mobile, Jogjakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Bontang, 2015.

Ismansyah, Perancangan Instalasi Listrik Pada Rumah Tangga Dengan Daya Listrik Besar, Depok: Universitas Indonesia, 2009.

B. Priyandono, Analisis Konservasi Energi Listrik pada Rumah Tinggal Daya 2200 VA dengan Beban Penerangan, vol. VOL.6 No.1, Desember 2013.

I. Asep, Nugroho, N. M. Alif dan J. Sutopo, AUDIT ENERGI LISTRIK DI HOTEL GRAND DAFAM ROHAN JOGJA, 2019.

B. Mangantar, Manajemen Sisi Beban dan Optimalisasi Tingkat Konsumsi Energi Di SMK Negeri 2 Pontianak, Pontianak: Universitas Tanjung Pura, 2018.

Peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016, https://web.pln.co.id/statics/uploads/2017/06/Permen-ESDM-No.-28-Tahun-2016.pdf.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2021-10-30
Bagian
Articles