PENGARUH KABUT GARAM TERHADAP KINERJA ISOLATOR 20 KV BERBAHAN POLIMER RESIN EPOXY

  • Sudirman S(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Sri Kurniati A(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: Current, Cloud, Resin Epoxy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja isolator polimer jenis epoksi resin 20 kV dalam kondisi kabut garam dan dibandingkan dengan kabut bersih. Pengukuran dilakukan dalam suatu kamar kabut (Test Chamber) yang temperaturnya diatur menjadi 3 tingkatan, yakni tingkat rendah (00 – 250C), sedang (250 – 350C) dan tinggi (350- 450C). Kemudian dilakukan pengukuran arus bocor baik dalam kondisi kabut bersih maupun kabut garam dengan mengambil sampel isolator polimer dalam kondisi bersih dan berpolutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja isolator sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan terutama yang berada di daerah pantai yang sering berkabut garam. Dalam kondisi kabut bersih tanpa polutan diperoleh pengujian arus bocor sebesar 20 uA pada suhu 40 derajat, sedangkan pada kondisi kabut garam sebesar 25 uA. Kemudian dalam kondisi berpolutan ringan arus bocor naik menjadi 21 uA pada kondisi bersih sedangkan pada kondisi kabut garam menjadi 26 uA.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknik Undana

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknik Undana

Referensi

Jatmiko, Hasyim Asyari, Hartoyo.2004. Pengaruh Polutan Garam Terhadap Arus Bocor pada Bahan Isolasi Resin Epoksi Bhisphenol A untuk Isolator Tegangan Tinggi. Jurnal Teknik. UMS. Surakarta.

Tobing Bonggas L,. 2003. Hubungan Profil Isolator dengan Tingkat Intensitas Polusi di Suatu Kawasan. Makalah, USU. Sumatera Utara.

Djoko Sedyadi – Tumiran – Hamzah Berahim. 2001. Pengaruh Kontaminan Terhadap Arus Bocor pada Isolator Gantung. Tesis Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada, Mei 2001, Yogyakarta.

W. Wiratma dan Suwarno. 2000. Pengaruh Temperatur dan Kelembaban Terhadap Arus Bocor dan Tegangan Lewat Denyar Isolator Keramik Jenis Pospin 20 kV untuk Berbagai Tingkat / Jenis Polusi. Proceedings Seminar Nasional dan Workshop Tegangan Tinggi III. Universitas Indonesia. Depok, Jakarta,

Abdul Syakur, dkk. 2012. Unjuk Kerja Isolator 20 kV Bahan Resin Epoksi Silane Silika Kondisi Basah dan Kering. Transmisi, 14 (2), hal. 68-72.

Bahri Syamsul. 2005. Pengukuran Sudut Kontak Terhadap Kinerja Material Isolasi Berbahan Dasar Resin Epoksi dengan Pengisi Alumunium Trihydate (ATH) dan Silicone Rubber Terkontaminasi Polutan Parangtritis dan Industri Gresik. Skripsi UGM. Yogyakarta.

Dyah Ika Susilawati1, Hermawan, dan Abdul Syakur. 2011. Analisa Arus Bocor Permukaan Bahan Isolasi Resin Epoksi Silane Menggunakan Metode Pengukuran Inclined- Plane Tracking. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2012-10-01
Bagian
Articles